oleh

Modus Penipuan Lewat Akun Facebook Pelaku Ditangkap Polisi

-HUKRIM-82 views
Kanit Serse Polsek Terbate Selatan Ipda Agus Surya Darma (foto istimewa Lintas Malut)

TERNATE – Kepolisian Sektor (Polsek) Ternate Selatan, Kota Ternate  Provinsi Maluku Utara (Malut) berhasil mengamankan seorang pelaku Penipuan dan penggelapan dengan cara menawarkan penjualan motor di akun Facebook. Pelaku ditangkap atas laporan sala satu korban pada 25 Januari 2019 bulan kemarin untuk dilakukan Upaya hukum.

Kanit Ipda Agus Surya Darma kepada sejumlah wartawan Senin (11/3/2019) mengatakan. Pelaku berinsial B memposting di akun Fecbook (FB) dengan menawarkan penjual 3 Unit Motor sampai dengan waktu yang dijanjikan, ternyata sebanyak lima orang yang berminat, namun ternyata 3 Unit Motor yang ditawarkan pelaku hanya tipu belaka dan akhirnya Korban melaporkan ke Polsek Selatan karena pelaku tidak bisa memenuhi penyediakan Motor tersebut, sementara pelaku sudah meminta uang sebelum barang disediakan.

Ipd Agus Surya Darma mengatakan, barang bukti yang ditahan di Polsek Ternate selatan berula 1 (satu) buah kutansi nominal Rp.16,000 000 juta beberapa kutansi tidak diberikan kepada korban dan beberapa korban tidak mau menjadi saksi, mereka hanya menuntut uang mereka di kembalikan.

“Pelaku berInisial B sudah diamankan di Polsek Ternate Selatan, dan kasusnya suda tahap I, sementara kerugian mencapai Rp.32,000, 000 juta,”Ungkap Ipda Agus Surya Darma.

Sementara itu kata Ipda Agus Surya Darma untuk saat ini saksi-saksi yang suda diperiksa yaitu termasuk kakanya juga tersangka, namun ke lima korban dan keluarga lainnya tidak mau melaporkan karena bersangkutan maunya mengembalikan uang.

“Tetapi yang bersangkutan menyatakan tidak bisa karna suda tidak punya uang lagi, uang hasil penipuan ini dibayarkan kepada orang lain karna bersangkut paut utang-piutang,”Jelasnya.

Atas peebuatanya, dikenalkan pasal 378 penipuan dan penggelapan dengan hukuman 5 tahun kurungan penjara.(Alan)

Komentar