oleh

Mulai Besok, Panwascam dan Panwaslu Kelurahan/Desa Kota Ternate Dinonaktifkan

TERNATE – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Ternate mulai besok Rabu (1/4/2020) menonaktifkan perangkat Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panwas Kelurahan/Desa.

Ketua Bawaslu Kota Ternate, Kifli Sahlan mengatakan, untuk sementara waktu Panwascam dan Panwas Kelurahan/Desa tidak diperbolehkan untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai pengawas pemilu.

“Terhitung mulai tanggal 31 Maret 2020 dan besok sudah tidak bisa lagi aktif sebagai seorang pengawas pemilu, sampai setelah meredahnya COVID-19 yang tidak menutup kemungkinan baru perangkat yang dinonaktifkan itu diaktifkan kembali,” katanya ketika dikonfirmasi, Selasa (31/3/2020).

Berdasarkan Surat Keputusan (SE) Komisi Pemilihan Umum (KPU) nomor :179/PL.02-kpt/01/KPU/3/2020 tentang penundaan tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 serta Surat Edaran (SE) Ketua Bawaslu RI nomor : 0252/K.Bawaslu/PM.00.00/3/2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang pengawasan penundaan tahapan penyelenggara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020.

Iphi sapaan akrab Kifli Sahlan menjelaskan, dengan adanya COVID-19 yang mewabah maka ada kebijakan nasional. Kebijakan itu setelah ada SK KPU yang menunda beberapa tahapan disusul dengan SE Bawaslu RI.

“Dalam SE Bawaslu itu menjelaskan menunda sementara perangkat pengawasan pemilihan di tingkat Kecamatan maupun di Kelurahan untuk dinonaktifkan sampai dengan batas waktu yang tidak di tentukan,” jelasnya.

Dalam rangka tindaklanjut SE Bawaslu RI. Lanjut Iphi, khusus terkait penundaan aktifitas Panwaslu Kecamatan serta Panwaslu Kelurahan/Desa maka Bawaslu Provinsi memerintahkan Bawaslu Kabupaten/Kota untuk memberhentikan sementara Panwaslu Kecamata serta Panwaslu Kelurahan/Desa.

Iphi juga menghimbau masyarakat agar menunggu sampai KPU dan Bawaslu RI mengeluarkan keputusan yang baru untuk pelaksanaan selanjutnya proses pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ternate.

“Kepada seluruh masyarakat agar menunggu sampai dikeluarkan keputusan yang baru untuk pelaksanaan selanjutnya proses pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Ternate yang akan dikeluarkan oleh KPU dan Bawaslu RI,” imbuhnya. (Alan/PN)

Komentar