oleh

Oknum Kades di Halsel Diduga Jadi Majikan Pekerja Tambang

LABUHA – Sejumlah oknum Kades di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) diduga menjadi penunjang di salah satu tambang mas di Desa Kusubibi Kecamatan Bacan Barat, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel).

Tambang tersebut merupakan tambang rakyat yang beroperasi sudah 1 bulan dan masuk dalam hutan lindung. Menariknya, ada sejumlah oknum Kades di Halsel juga ikut jadi penunjang atau mendanai para pekerja di lokasi tambang rakyat itu dengan mempekerjakan para pekerja dari berbagai daerah maupun putra daerah sendiri.

Informasi yang dihimpum, ada 10 orang Kades di Halsel yang menjadi penunjang. Hal ini dibenarkan salah satu staf Pemerintah Desa Kusubibi yang enggan menyebutkan namanya.

Dia mengaku, kurang lebih 10 orang Kedes menjadi majikan di tambang tersebut. “Iya benar, ada Kades juga ikut tunjang karyawan di sini,” katanya ketika ditemui, Rabu (25/3/2020) kemarin.

Semntara itu, salah satu oknum Kades inisial F juga mengaku dirinya dan beberapa rekan Kadesnya ikut tunjang para pekerja tambang. Bahkan dia juga meminta kepada wartawan agar tidak membocorkan nama-nama rekan Kadesnya ke publik.

“Kalau tunjang karyawan memang benar, tapi rata-rata pekerjanya itu anak kampung saya, dan untuk rekan-rekan Kades lainnya saya tidak begitu tahu, minta tolong jangan publish meraka punya nama,” ungkapnya. (BR)

Komentar