oleh

Oktovianus Baimamenteng resmi Nahkodai GMNI Halbar

Oktovianus Baimamenteng Ketua GMNI Halbar priode 2018-2020 saat memberikan pidatonya (Foto:Jojo/lintasmalut.co.id)

JAILOLO – Oktovianus Baimamenteng resmi dilantik sebagai Ketua Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) periode 2018-2020.

Pelantikan tersebut melalui Rapat Kerja (Raker) GMNI Halbar tahun 2019 dengan teman ‘Dengan semangat marhaenisme kita wujudkan sosialisme dierah disruptif 4.0’ yang dilaksanakan di Gedung aula Mahanaim, Desa Awer, Kecamatan Sahu, Senin (01/7/2019) kemarin.

Sekertaris Jendral (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GMNI, Clean Teddy dalam sambutannya mengatakan, secara institusi DPP sangat berharap GMNI menjadi motor penggerak untuk bersatu dalam gerakan perubahan dari aksi turun jalan ke ruang-ruang ilmiah.

“Saya hanya berharap bagaimana kita menghalalkan seluruh persoalan dan saling mempersatu, kalau kita berbibacara kondisi kepemudaan saat ini menjadi perbuhan begitu besar dalam dua perubahan yaitu. Demokrasi dan era revolusi, dimana aktivis dan gerakan mahasiswa itu harus meninggalkan daya konfliksional yang sedikit-sedikit demo dan berteriak tanpa memakai ruang ilmia atau akademisi”katanya.

Clean berharap, GMNI Halbar fokus pada pengkaderan untuk merekrut kader, selalu memberikan pematangan idiologi dan jangan hanya mencari kesalahan orang lain tetapi juga harus mencari solusi dan tetap menjadi mitra profesi bagi pemerintah.

“Karena kepentingan daerah ini bukan hanyalah kepentingan sekelompok orang dan kita juga harus membuktikan pada publik bahwa putra putri maluku utara hari ini tidak lagi berbicara tentang suku, ras dan agama karena kita semua disini adalah bagian dari pendiri bangsa, semoga GMNI menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan halmahera barat,”harapnya.

Ketua Demisioner GMNI Halbar, M Idhar Bakri menyampaikan kepada pengurus yang baru dilantik agar selalu berpendirian untuk menata problem yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Halbar dan terus melakukan pengkaderan demi kemajuan GMNI.

“Proses pengkaderan selalu menjadi fokus utama bagi pengurus yang baru di lantik ini demi GMNI, kobarkan api gerakan untuk melawan ketidakadilan yang selalu merongrong di tengah-tengah masyarakat, teruslah semangat dalam memperjuangkan kepentingan rakyat,”pungkasnya.

Foto bersama usai pelantikan

Idhar menambahkan, setiap pergerakan yang disusun oleh pengurus selalu berpegang teguh pada ajaran Bung Karno sehingga seluruh tugas yang dikerjakan dapat terukur secara ilmiah dan jelas.

“Dalam hal melaksanan tugas GMNI harus selalu menggunakan teori perjuangan marhaenisme ajaran Bung Karno yakni, melakukan penyusunan kekuatan dan penggunaan kekuatan,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua terpilih Oktovianus Baimamenteng saat memberikan pidatonya menyampaikan, hiruk pikuk problematika yang sering terjadi di daerah merupakan hal yang butuh perhatian khusus bagi seluruh OKP, dirinya menegaskan GMNI di periode 2019-2020 akan selalu mengawal dan menyampaikan aspirasi rakyat kepada pemerintah daerah.

“Berbicara tentang kemaslahatan umat adalah bagian daripada tugas kita selaku kader marhaen dan saya akan selalu konsisten untuk lebih jelih menata problem yang berada di tengah-tengah masyarakat, pada prinsipnya GMNI selalu siap untuk menyuarakan aspirasi rakyat dan itu adalah tuntutan amanah DPP akan dijalankan sesuai perintah konstitusi,”ungkapnya.

Terpisah, Rektor STPK Banau, Dadang Hindayana dalam mengatakan, yang dilihat dari mahasiswa adalah extrakulikulernya, aktivitas extrakulikuler adalah bagian yang sangat penting bagi mahasiswa yang bergabung dengan organisasi.

“Saya berharap GMNI bisa membentuk suatu karakter yang kuat, saya juga sangat support dalam hal ini semoga dalam organisasi GMNI ini bisa menunjukan pada kepemimpinan yang galak akan setuasi ketidak adilan dimasyarakat,”ucapnya.

Sekda Halbar Syahril Abd Radjak berharap, GMNI mampu membawa perubahan dan selalu bersinergi dengan Pemda untuk mewujudkan cita-cita pembangunan daerah kedepan, dirinya mengaku akan selalu memperhatikan kebutuhan organisasi GMNI.

“Pada prinsipnya Pemda selalu memberikan support untuk kreativitas pemuda di halbar, mari sama-sama kita bergandengan tangan untuk menata kemajuan daerah kedepan, seluruh kebutuhan organisasi bukan saja GMNI tetapi juga pada umumnya OKP yang lain akan di perhatikan dan menjadi perhatian khusus bagi Pemda, ciptakan forum ilmiah yang membahas terkait pembangunan daerah sehingga ini menjadi cerminan bagi generasi selanjutnya,”harapnya.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut, Sekjen DPP GMNI Clean Teddy, Sekda Halbar Syahril Abd Radjak, Asisten I Halbar Vence Muluwere, Rektor STPK Banau Dadang Hindayana bersama Wakil Rektor STPK Banau Jimi Rakinaung dan ketua-ketua OKP GMKI, HMI dan GAMKI. (Jojo)

Komentar