oleh

Operasi Pencarian Korban Tenggelam di Perairan Halsel Resmi Ditutup

HALSEL – Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate melalui Unit Siaga SAR Bacan resmi menutup operasi SAR terhadap Yunus Mukaranus, warga Desa Bobo, Kecamatan Obi Timur, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yang tenggelam di perairan Halsel saat pergi melaut, Selasa (14/4020) lalu.

Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah mengatakan, pencarian terhadap korban sudah dilakukan sesuai Prosedur Operasi Standar (SOP) selama 7 hari, terhitung sejak tanggal 18 April sampai Jumat (24/4/2020) dini hari.

“Namun, usaha pencarian yang dilakukan baik itu dari tim SAR gabungan maupun warga setempat juga belum menemukan korban, sehingga korban dinyatakan hilang,” katanya.

Arafah menyambut, walaupun operasi SAR sudah ditutup, namun pihaknya terus melakukan pemantauan serta melakukan koordinasi dengan instansi terkait yang berada di Halsel. Apabila korban ditemukan maka akan di evakuasi ke Puskesmas Kecamatan Obi Timur.

“Basarnas juga telah melakukan pemapelan kepada kapal-kapal dan para nelayan yang melintas di wilayah Halsel agar dapat melaporkan ke pihak Basarnas apabila melihat maupun menemukan korban,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan ditutupnya operasi SAR ini, maka seluruh unsur yang terlibat di kembalikan ke kesatuannya masing-masing.

“Unsur yang terlibat, Basarnas, Pospolairud Bacan, BPBD Halsel dan warga Desa Bobo,” pungkasnya. (Alan)

Komentar