oleh

Pansel Umumkan Tiga Nama Lolos Seleksi Akhir Calon Sekda Pulau Morotai

DARUBA, LM –  Tim Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekertaris Daerah Pulau Morotai telah menetapkan dan mengumumkan tiga nama final Calon Sekda setelah mengikuti proses akhir seleksi Sekda dan satu nama, Asisten III Alfatah Sibua dinyatakan gugur.

Pengumuman final disampaikqn Pansel melalui Surat Nomor: 02/PANSEL-JPT.PM/VII/2021, Tentang Hasil Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekertaris Daerah Kabupaten Pulau Morotai. Hasil seleksi akhir itu ditanda-tangani oleh Ketua Pansel JPT Pratama Kabupaten Pulau Morotai, Prof. DR. Husen Alting SH, MH, juga selaku Rektor Unkhair Ternate, tertanggal 2 Juli 2021.

Penetapan tersebut disampaikan Ketua Pansel berdasarkan Berita Acara rapat penetapan hasil akhir Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi
Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Pulau Morotai Tahun 2021 Nomor : 11/BAP.PANSEL-JPT.PM/VI/2021, tanggal 23 Juni 2021.

Kemudian sesuai hasil rekapitulasi penilaian dalam Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Pulau Morotai, Panitia Seleksi
mengumumkan 3 (tiga) peserta dengan nilai terbaik sesuai dengan urutan abjad.

Ketua Tim Pansel menyebutkan tiga peserta Calon Sekda dengan nilai terbaik adalah Kadis Pariwisata Ida R Arsad, Pembina Utama Muda-IV/c, Kadis Perkim M Umar Ali, Pembina Tk.I-IV/b dan Kadis Keuangan Suriani Antarani, Pembina Utama Muda-IV/c.

Nama nama tersebut selanjutnya akan
direkomendasikan kepada Bupati Pulau Morotai selaku Pejabat Pembina Kepegawaian
untuk dapat diangkat dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah
Kabupaten Pulau Morotai.

Tiga nama Calon Sekda dengan nilai terbaik ditetapkan setelah para kompetitor melewati sejumlah rangkaian seleksi, mulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, assessment, rekam jejak penulisan makalah dan wawancara yang dilakukan Pansel secara tertutup.

“Keputusan Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Pulau Morotai bersifat mutlak dan tidak dapat diganggugat,” tegas Ketua Pansel JPT Pratama Kabupaten Pulau Morotai Prof. DR. Husen Alting SH, MH dalam surt itu.

Terkait pengumuman hasil seleksi akhir Sekda Pulau Morotai oleh Ketua Tim Pansel dibenarkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pulau Morotai, Kalbi Rasyid, saat dikonfirmasi wartawan, pada Sabtu (3/7/2021).

“Iya benar, Ketua Pansel JPT Pratama sudah mengumumkan tiga nama calon Sekda Pulau Morotai yang dinyatakan lolos seleksi dengan nilai terbaik,” katanya.

Kalbi menyebutkan, peserta seleksi calon sekda yang dinyatakan lolos oleh Tim Pansel JPT Pratama adalah Ibu Ida Arsad, Pak M Umar Ali dan Ibu Suriani Antarani, soal siapa yang layak menjadi Sekda saya tidak tahu karena itu kewenangan Bupati.

“Tiga nama calon sekda itu sudah diserahkan kepada Bupati Pulau Morotai, Benny Laos, untuk menetapkan dan mengangkat siapa yang layak menjadi Sekdanya, karena Bupati punya kewenangan penuh mengangkat mereka, ke Gubernur Malut hanya berkoordinasi,” terang Kepala BKD Kalbi Rasyid.

Namun ada beberapa pejabat di lingkup Pemkab Pulau Morotai berpendapat bahwa dari tiga nama itu maka, Kadis Perkim M Umar Ali sangat berpeluang diangkat Bupati menjadi Sekda.

“Dilihat dari rekam jejak Kadis Perkim M Umar Ali, sebelumnya hampir 4 tahun menjadi Kadis Keuangan tentunya punya konektifitas yang kuat dalam pekerjaan dengan Bupati, tapi tidak menutup Kemungkinan bisa Ida Arsad, juga bisa Suriani Antarani, karena dia juga karirnya cemerlang dalam birokrasi selama pemerintahan Benny-Asrun,” ungkap mereka.

Sumber : Halmaheraraya.id

Komentar