oleh

Pantau Pos Siaga H-1 Nataru, Arafah: Apabila Darurat Hubungi Call Basarnas di 115, Gratis

TERNATE – Memasuki H – 1 Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) 2020, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Muhammad Arafah didampingi Kasubsi Operasi dan Siaga Syaiful Wijanarta dan Kasubsi Sumber Daya Halidin Labidu lakukan pemantauan ke posko-posko siaga Nataru yang mana personil Basarnas Ternate disiagakan, Selasa (24/12).

Beberapa pos siaga yang di pantau diantaranya, pos Bandara Babullah, pos pelabuhan Dufa-Dufa, pos pelabuhan Ahmad Yani dan pos di pelabuhan Ferry.

Arafah mengatakan, di H – 1 pelaksana siaga Nataru ini belum terlihat lonjakan penumpang. Aktivitas penumpang masih normal seperti biasanya, namun personilnya tetap disiagakan.

“Kami siagakan 24 jam guna mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan. Basarnas Ternate menyiagakan sebanyak 74 Personil dalam Nataru ini,” katanya dalam rilis yang dibagikan Humas Basarnas, Iksan M. Nur.

Sementara armada laut. Lanjut Arafah, berupa Kn SAR 237 Pandudewanata sedang sandar di pelabuhan perikanan Bastiong Ternate, RB 309 Ternate sandar di Pelabuhan Ahmad Yani dan Rigid Infletable Boat (RIB) juga berada di pelabuhan Ahmad Yani dan semuanya dalam keadaan ready.

Arafah juga menyebut, untuk palsar darat berupa peralatan extricasi dan peralatan pendukung lainnya juga dalam keadaan ready. “Apabila sewaktu-waktu terjadi musibah maupun bencana kami akan langsung gerakan untuk pelaksanaan operasi SAR,” ujarnya.

Arafah mengaku, personilnya yang ada di pos SAR Tobelo dan pos SAR Bacan juga di siagakan di tiap-tip posko. “Personil Basarnas yang berada di pos SAR Tobelo dan pos Bacan juga mengsiagakan personil di tiap-tiap posko seperti bandara dan pelabuhan dan juga didukung alut laut dan darat,” ungkapnya.

Ia menghimbau kepada para pemudik agar selalu jaga keselamatan dalam bermudik terutama yang menggunakan transportasi laut, karena cuaca saat ini kurang menentu kadang baik dan kadang buruk.

“Apabila terjadi situasi darurat agar segera menghubungi emergency call basarnas di 115. Gratis tanpa di pungut biaya.” imbuhnya. (Alan)

Komentar