oleh

Panwascam Gelar Pelatihan Saksi Peserta Pemilu

-POLITIK-49 views
Panwascam Taliabu gelar pelatihan saksi (Foto:Yanto/lintasmalut.co.id)

BOBONG – Jelang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota pada 17 April 2019 medatang, kini pengawas pemilihan Kecamatan (Panwascam) Taliabu Barat Kabupaten Pulau Taliabu senin, (8/4/2019) , menggelar Pelatihan saksi peserta pemilu dalam proses pemungutan dan penghitungan suara pada pemilihan umum tahun 2019.

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Desa Bobong Kecamatan Taliabu Barat(Talbar) dihadiri langsung Kordiv hukum dan penindakan Bawaslu Pulau Taliabu, Mohtar Tidore.

Mohtar saat ditemui lintasmalut.co.id usai kegiatan, menuturkan bahwa, ini merupakan kegiatan yang di laksanakan Panwas Kecamatan, namun Bawaslu tetap memantau kegiatan yang berlangsung agar bisa melihat saksi-saksi dari Partai mana yang hadir dan tidak sempat hadir. Sebab kegiatan ini sangat penting dalam pelaksaan Pilpres dan Pileg yang tidak menghitung hari lagi.

“Pentingnya kegiatan ini untuk memberikan pemahaman yang begitu maksimal kepada para saksi Partai Politik, setiap Partai Politik di berikan penjelasan terkait dengan Bimtek saksi masing-masing selama dua jam. Agar para saksi bisa memahami dengan baik, sehingga pemilihan nanti saksi dapat bekerja sesuai dengan undang-Undang yang berlaku. Selain Itu, bimbingan teknis para saksi ini juga bisa di lakukan masing-masing Partai Politik,” Tuturnya.

Mohtar berharap, saksi-saksi yang di tugaskan partai politik di setiap TPS Itu, benar – benar mengerti dan paham betul bahwa sesungguhnya masyarakat yang datang memilih Itu apa-apa yang nantinya jadi syaratnya. Supaya jika terjadi masalah saksi juga sudah bisa mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak seharusnya dilakukan,” Harapnya. (As)

Komentar