oleh

Pasca Gempa 7,1 Magnitudo, Aktivitas Penumpang Ferry Ternate Sepi

TERNATE – Pasca gempa magnitudo 7,1 yang mengguncang wilayah Malut pada Jum’at (15/11) pukul 01.17 WIT.

Hingga terjadi gempa susulan yang melanda membuat aktivitas penumpang Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) Ternate nampak sepih selama sepekan terakhir.

“Gempa yang terjadi baru-baru ini memang berpotensi terhadap angkutan juga, karena beberapa terakhir seminggu ini cendrung sepi kemungkinan masyarakat masih trauma,” kata Kepala Operasional PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ternate, Massadik saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (18/11).

Massadik menyebut, pasca gempa yang terjadi semua fasilitas ASDP tidak ada kendala sehingga kapal dan lainnya di operasikan seperti biasa.

“Yang terpenting dari pasca gempa ini fasilitas yang ada di ASDP itu tidak ada kendala dan kami operasi seperti biasa,” ujarnya.

Ia menghimbau kepada pemakai jasa agar jangan ragu untuk kepergian dengan kapal angkutan ASDP. “Kepada semua pemakai jasa agar tidak usah ragu, kita memang selalu sefti terhadap keselamatan dan menjamin keselamatan itu tujuan utama kami,” imbuhnya.

Sementara itu, Operasional BMKG – Stasiun Geofisika Ternate Oktovina mengaku, pasca gempa magnitudo 7,1 hingga sekarang masih terjadi gempa susulan. Tercatat ada 287 gempa.

“Untuk gempa susulan dari 7,1 SR sampai sekarang sudah tercatat 287 gempa. Hari ini Senin (18/11) tercatat ada tiga tetapi gempanya agak kecil dan tidak terasa yang terjadi sekitar pukul 05.00 WIT sampai pukul 08.00 WIT,” akunya.

Oktovina juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu berikhtiar dan jangan terpancing dengan isu yang tidak berkepentingan serta selalu update informasi melalui BMKG dan BPBD.

“Gempa ini datangnya kita tidak tahu jadi harap ikhtiar saja dan tidak terpancing dengan isu-isu yang tidak berkepentingan. Dihimbau agar masyarakat beraktivitas seperti biasa tetapi tetap ikhtiar dan waspada,” harapnya. (Alan)

Komentar