oleh

PDAM Taliabu Alokasikan Rp. 40 Miliyar Untuk Pembangunan Air Bersih

Kapala PDAM Kabupaten Pulau Taliabu Surahman (Foto:As/Lintasmalut.net)

TALIABU – Untuk memenuhi kebutuhan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pulau Taliabu akan melaksanakan pembangunan Jaringan Pipa Air Bersih dan Instalasi Produksi Air Bersih (IPA) di lima Desa yakni Desa Beringin Jaya, Desa Onemai, Desa Salati, Desa Limbo dan Desa Lohobuba.

Kepala PDAM Taliabu Surahman mengatakan, tahun anggaran 2019 telah mengalokasikan Anggaran melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp. 40 Miliyar lebih untuk Proyek pembangunan air bersih dan ditargetkan pekerjaan tersebut selesai sebelum akhir tahun sehingga Warga dapat menikmati air bersih.

“Kurang lebih Rp. 40 Miliyar alokasi anggaran yang telah dipersiapkan dari APBN tahun 2019 yang peruntukannya pembagunan Air berish di enam Desa yang ada di Taliabu khususnya desa Beringin Jaya, Salati, Onemai dan Desa Limbo juga Lohobuba, dengan target pekerjaanya sebelum akhir tahun sudah selesai,”Katanya kepada awak media Senin (01/4/2019).

Ia menjelaskan, dalam pekerjaan proyek ini akan di kerjakan dua perusahaan selaku pemenang tender masing-masing untuk pekerjaan Jaringan Pipa Air bersih di kerjakan PT Kusuma Wardana Group, sementara pekerjaan Instalasi Produksi Air Bersih IPA dan Imtek di kerjakan PT Darma Prima Mandala, untuk pemasangan jarigan yang mengarah Desa Lohobuba dan Desa Limbo akan melewati bawah laut dengan sistim moderen yang jaraknya kurang lebih 4 Km kemudian Desa Salati, Desa Beringin jaya, dan Desa Onemai memalui jalur darat.

“Pemasangan jaringn ini akan di lakukan pihak rekanan (Kontraktor) dengan sistim yang berbeda yang ada di Ibu Kota Kabupaten, kali ini untuk enam Desa akan di gunakan sistim moderen, dua Desa yang ada di seberang pulau khususnya Desa Lohobuba dan Limbo akan mengkuti jalur bawah laut, sedangkan untuk desa lainya melalui jalur darat,”Jelasnya.

“Pada saat ekesen pekerjaan dalam waktu dakat nanti pihak Kontraktor dapat mengerjakan dengan secara baik dan masyarakat dapat segera menikmati air bersih,”Harapnya. (As)

Komentar