oleh

Peduli Laut di Taliabu, Komunitas Pelaut Bersihkan Pantai Talo

BOBONG , LM – Desa Talo yang terletak di Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, memiliki garis pantai yang indah. Namun, keberadaannya bisa terancam dengan keberadaan sampah yang mencemari laut, sehingga perlu ada gerakan bersama untuk menyuarakan keadaan darurat sampah terutama jenis plastik yang mencemari laut.

Gerakan Jaga Laut yang diprakarsai oleh Komunitas Pejuang Laut Taliabu (Pelaut) kembali melakukan aksi bersih-bersih pantai di Desa Talo bersama Satgas BKO TNI AD, Polairud Polda Malut, Satpol PP Pulau Taliabu, Pemdes Talo, Nelayan Talo, dan Taliabu Story, Jumat (18/6/2021). Kegiatan ini berlangsung sejak pukul 08.15 hingga 10.30 WIT.

Ketua Komunitas Pejuang Laut (Pelaut) Kabupaten Pulau Taliabu, Sahmir G.H.Robodoe mengatakan dilaksanakannya aksi bersih pantai dari sampah yang berserakan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya sampah plastik yang terlihat.

“Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan pantai dan laut yang dilatarbelakangi oleh banyaknya sampah. Apalagi banyak aktivitas masyarakat Talo dilakukan di laut yang mayoritas profesinya adalah sebagai nelayan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Dansatgas BKO TNI AD, Kapten Inf. Ajistika mengajak generasi muda untuk peduli dengan kebersihan pantai dan laut, karena dengan pantai yang bersih seluruh masyarakat pasti akan merasa nyaman dan senang.

“Ini sebagai upaya untuk melestarikan alam, sehingga dalam jangka panjang bisa dinikmati oleh generasi yang akan datang,” jelas Dansatgas BKO, Satgaster Kodim Persiapan Pulau Taliabu ini.

Sementara itu, Danpos Polairud Polda Malut, Bripka Rusdi Umanailo menjelaskan aksi bersih pantai ini merupakan wadah untuk bersama-sama memberikan contoh yang baik, sehingga masyarakat nantinya dapat mengikuti kebiasaan bersih pantai ini dan diharapkan dapat mengubah kebiasaan masyarakat untuk tidak membuang sampah di laut.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan banyak generasi muda dan milenial yang tertarik untuk bersama-sama bergerak concern menjaga lingkungan,” ajak Danpos, Rusdi Umanailo.

Sedangkan, Kepala Desa Talo, Stephanus Ohoiledjaan pada kesempatan itu memberikan apreasiasi dan sangat mendukung berbagai program dari Komunitas Pelaut dan meminta kegiatan tersebut secara rutin dilakukan.

“Terimakasih atas undangannya, kegiatan aksi bersih seperti ini harus diagendakan secara rutin dan jangan hanya sampai disini. Saya juga akan siapkan rumah nelayan bagi Komunitas Pelaut di Desa Talo,” tutur Kades.

(red/rilis).

Komentar