oleh

Pekan Ini, DD Tahap Pertama Masuk Rekening Kas Desa se – Taliabu

Ilustrasi

BOBONG – Kepala Dinas Keuangan Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab), Irawan Mansur memastikan pekan ini Dana Desa (DD) tahap awal sebesar 40 persen akan masuk ke rekening kas Desa di 71 Desa se-Pultab.

“Kami pastikan ini semua dana desa akan tersalur ke rekening desa masing – masing, karena sesuai dengan mekanisme bahwa DD tersebut hanya mampir saja di rekening pemda, setelah itu kami harus transferkan ke rekening desa masing – masing,”kata Irawan saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/05/2019) kemarin.

Irawan menjelaskan, transferan uang fee ke rekening Desa tidak berlaku mutlak untuk dicairkan secara langsung oleh pihak Desa, namun ada mekanismenya yang harus di penuhi, dimana pencairan DD bisa dicairkan oleh Kepala Desa apabila segala prasyarat administrasi yang disiapkan Desa sudah terpenuhi di Bank.

“Meskipun uang sudah masuk di rekening desa, bukan berarti kepala desa langsung bisa mencarikan anggaran itu, namun ada aturan main yang ditetapkan dan harus dipenuhi, baru anggaran itu bisa dicairkan,”jelasnya.

Sesuai arahan pemerintah pusat, lanjut Irawan, meskipun administrasi Desa belum dilengkapi oleh pemerintah Desa terkait pencairan DD, namun Pemda tetap diwajibkan untuk segera menyalurkan DD ke rekening kas Desa, selambat lambatnya 7 hari setelah DD disalurkan pemerintah pusat ke rekening kas Daerah.

“Untuk pencairan DD tahap awal ini yang dikucurkan ke rekening kas desa sebesar 40 persen, pencairan DD tahun ini dicairkan 3 tahap dan untuk pencairan tahap dua dan tahap 3 masing – masing sebesar 30 persen,”pungkasnya. (As)

Komentar