oleh

Pelepasan 225 Calon Jamaah Haji Halsel Berlangsung Khidmah dan Penuh Haru

LABUHA- Sebanyak 225 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Tahun 2019, Kamis (11/7/2019) diberangkatkan menuju Ternate. Keberangkatan CJH itu dilakukan dalam upacara pelepasan di Pelabuhan Babang Kecamatan Bacan Timur Halsel.

Bupati Halsel, Bahrain Kasuba dalam sambutan nya menyampaikan pesan kepada keluarga Calon Jamaah Haji agar dapat mendoakan CJH supaya dapat menjalankan setiap proses ibadahnya dengan baik.

“Saya berharap agar dari 225 Calon Jamaah Haji bisa kembali dengan utuh di Halmahera Selatan dan menjadi Haji yang Mabrur,” harap Bahrain.

Bupati juga mengingatkan kepada CJH, agar mengikuti setiap instruksi agar tidak terpisah dengan rombongan sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saya (Bupati) juga meminta agar seluruh Calon Jamaah Haji dapat mendoakan pemerintah daerah dan masyarakat agar dapat bersama-sama bersatu dalam keadaan damai untuk menuju pada masyarakat Halsel yang sejahtera, ” tandasnya.

Kepala Kantor Kementrian Agama, Hasyim Hi Hamzah melaporkan bahwa, Jamaah Calon Haji tahun 2019 berjumlah 225 orang.

“Dengan segala harapan semoga Allah memberikan kekuatan dalam menjalankan tugas untuk melayani para Jamaah Calon Haji yang kita cintai ini”, harapnya.

Dikatakan, CJH asal Halsel tahun 2109, lebih banyak usia lanjut dimana kebanyakan berusia antara 65 hingga 89 tahun. “Rata -rata Calon Jamaah Haji asal Kabupaten Halsel tahun 2019 usia lanjut,” ujarnya.

Hamzah menambahkan, awalnya kuota CJH asal Kabupaten Halsel sebanyak 198, namun ada tambahan kuota untuk sebanyak 27 orang sehingga total menjadi 225 CJH.

“Dari 225 CJH asal Kabuoaten Halsel, CJH Laki laki sebanyak 111 orang dan CJH Perempuan sebanyak 114, jadi total 225 CJH,” tambahnya.

Dijelaskan, CJH asal Halsel berangkat dari Halsel hari ini menuju Ternate tanggal 11 Juli 2019 dan masuk Asrama Haji di Kelurahan Ngade Ternate Selatan. Nanti tanggal 12 Juli 2019, CJH Halsel yang masuk dalam kelompok terbang (Kloter) 9 itu akan berangkat ke Makassar.

“CJH Halsel akan menuju Madina pada tanggal 13 Juli 2019 dan berada di Madian selama selama 8 hari dab selanjutnya menjuju Jeddah, ” tandasnya. (Van)

Komentar