oleh

Pemda Halbar Gelar Upacara Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke -111 Tahun

Bupati Halbar, Danni Missy Saat Memberikan Sambutan di Upacara Peringati Hari Kebangkitan Nasional (Foto:Jojo/lintasmalut.co.id)

JAILOLO – Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Provinsi Maluku Utara (Malut) laksanakan Upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke -111 tahun yang berlangsung di depan Kantor Bupati, Senin (20/5/2019).

Upacara tersebut dpimpin lansung Bupati Danny Missy, dalam sambutanaya mengatakan, peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke -111 20 mei 2019 kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut.

“Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa, oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita,” katanya.

Lanjutnya Bupati, apalagi peringatan (Hari Kebangkitan Nasional/red) kali ini juga dilangsungkan dalam suasana Bulan Ramadan. Bagi umat Muslim, Bulan Suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT, seperti permusuhan dan kebencian dengan semua pihak.

“Harapan tersebut kiranya sangat relevan apabila peringatan hari kebangkitan nasional, disematkan tema ‘Bangkit untuk bersatu’ artinya, kebangkitan untuk persatuan,”ujarnya.

Bupati menuturkan, bangsa ini adalah bangsa yang besar, telah mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad. Kuncinya adalah gotong-royong, ketika diminta merumuskan dasar Negara Indonesia dalam pidato di hadapan badan penyelidik usaha-usaha persiapan Kemerdekaan Indonesia, Bung Karno menawarkan Pancasila yang berintikan lima asas.

“Bapak proklamator republik indonesia tersebut juga memberikan pandangan bahwa jika nilai-nilai pancasila tersebut diperas ke dalam tiga sila, bahkan satu ‘sila’ tunggal, maka yang menjadi intinya inti, core of the core, adalah gotong-royong,”pungkasnya.

Bupati juga mengucapkan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang keseratus sebelas, seraya mengajak agar semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global. (Jojo)

Komentar