oleh

Pemda Halbar Gelar Upacara Peringati Hari Santri ke-4

JAILOLO – Dalam rangka memperingati hari Santri ke-4, Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) laksanakan upacara di Pondok Pesantren (Ponpes) Madinatul Khairat Pabos, Desa Pateng, Kecamatan Jailolo, selasa (22/10).

Upacara yang dipimpin Bupati Danny Missy dan dihadiri kepala kantor Kemenag Halbar H Idris, kepala Ponpes Madinatul Khairat Iksan Hi Husain, Imam besar Sigilamo Hi Zulkifli, unsur SKPD, siswi-siswi beserta para guru Ponpes, gugus depan pramuka Kwarcab Halbar serta perwakilan siswi-siswi dari sekolah dan Madrasah di Halbar.

Amanah Menteri Agama RI M. Nur Kholis Setiawan yang dibacakan Bupati menyampaikan, isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran islam yang ramah dan moderat dalam beragama.

“Sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural. Dengan cara inilah keragaman dapat disikap dengan baik serta toleransi dan keadilan dapat terwujud. Kita juga patut bersyukur karena dalam peringatan hari santri tahun 2019 ini terasa istimewa dengan hadirnya UU nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren. Ini memastikan bahwa pesantren tidak hanya mengembangkan fungsi pendidikan tetapi juga mengembangkan fungsi dakwah dan fungsi pengabdian masyarakat.” Tutur Danny saat membacakan amanah Mentri Agama RI.

Bupati menambahkan, semoga dengan memperingati hari santri nasional santriwan dan santriwati serta masyarakat bisa terpacu untuk tetap menjaga perdamaian di Halbar.

“Saya menghimbau agar semua masyarakat Halbar lebih meningkatkan perdamaian dan menjaga kerukunan setiap umat beragama, dan melalui kesempatan ini Pemda Halbar akan memberikan bantuan untuk Ponpes Madinatul Khairat.” harapnya.

Usai sambutan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada juara lomba yang diselenggarakan panitia dalam rangka memeriahkan hari santri ke-4 yang diserahkan langsung oleh Bupati Danny Missy, Kakankemenag Hi. Idris dan kepala Ponpes Hi. Husain. (BAF)

Komentar