oleh

Pemda Halteng Sosialisasikan Perda Nomor 2 Tahun 2018

Suasana Rapat sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 02 Tahun 2018.(foto ist.Wan)

WEDA, Lintasmalut.net – Pemerintah Daerah Halamahera Tengah, Maluku Utara mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 02 Tahun 2018, tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP-3-K) di Provinsi Maluku Utara Tahun 2018-2038, Selasa (12/2/2019).

Perda tersebut ditetapkan oleh Wakil Bupati Halteng, Abdurahim Odeyani, didampingi oleh Pejabat Sekretaris Daerah, Saiful Samad, SE., M.Si.

Sejumlah Forkopimda, Kepala SKPD, Akademisi, Wahli, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pengusaha dan Nelayan juga dilibatkan.

Abd Rahim mengatakan, Pemerintah telah menetapkan Perda Provinsi Maluku Utara nomor 2 Tahun 2018 dengan tujuan untuk dijadikan pedioman dalam pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di Maluku Utara.

Lanjutnya, Perda tersebut menentukan arah penggunaan suber daya ditiap satuan perencanaan.

“Disertai dengan penetapan alokasi ruang pada kawasan perencanaan yang memuat kegiatan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Serta yang hanya dapat dilakukan setelah memperoleh izin wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.” kata Wabup.

Sembari mengatakan, “Rencana zonasi memberikan keuntungan ekonomi dalam menfasilitasi akselerasi ekonomi wilayah dengan memberikan akses yang lebih besar. Dan kepastian hukum bagi sektor swasta dalam berinvestasi diwilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di Maluku Utara. “ imbuhnya. (Wan).

Komentar