oleh

Pemda Taliabu Peringati Hari Pendidikan Nasional

Bupati Aliong Mus bersama Kadikbud Taliabu saat hadiri Peringantan Hardiknas 02 Mei 2019 (Foto/Yanto/lintasmalut.co.id)

BOBONG – Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Taliabu, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dukbud) upacara memperingati hari Pendidikan Nasional 2019 yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Bobong Kecamatan Taliabu Barat Kabupaten Pulau Taliabu berlangsung khidmat.

Sambutan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI yang dibacakan Bupati Taliabu Aliong Mus mengatakan, jajaranya di lingkup Pemerintah Pusat sampai tingkat bawah termasuk Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu harus menigkatkan Sumberdaya Manusia (SDM) seebab saat ini Pemerintah melalui kepemimpinan Jokowi, tahun 2019 atau setelah terpilih nanti menjadi Presiden, bila terpilih dan dilantik, akan membuat kebijakan Nasional untuk membangun SDM di Indonesia yang lebih baik karena diperioritas dari program Pemerintahannya.

Selain itu kata Bupati Aliong Mus, untuk pembangunan terhadap Pendidikan dan infrastruktur, Pemerintah Taliabu telah menuntaskanya selama kurang lebih tiga tahun berjalan saat ini. Kini Pemda Tliabu saat ini menitik beratkan pada pembangunan SDM dengan merekrut tenaga pendidik untuk ditempatkan di setiap sekolah-sekolah dibawah kendali Dikbud Taliabu.

“Kalau di Taliabu sendiri ditahun 2016, sampai dengan tahun 2020, untuk masalah infrastruktur dan Pendidikan saya anggap sudah selesai, dan kalau masalah tenaga pengajar mungkin honorer paling terbesar di Maluku Utara, mungkin. Karena anggarnya sangat besar sekali di Taliabu, untuk rekrutmen tenaga honorer di pendidikan,” Jelas Bupati Aliong Mus.

Dihadapan Wartawan usai mengikuti upacara Hardiknas. Aliong Mus berjanji akan mengevaluasi setiap guru honorer di Kabupaten Pulau Taliabu. Jika terbukti tidak menjalan tugas-tugas gurunya akan di diberi sanksi tegas

“Sudah pasti pada tahun 2019, dianggaran perubahan kita akan mengevaluasi, tenaga honor, apakah mereka betul-betul menjalankan tugas atau tidak. Kalau tidak menjalankan tugas dengan baik, tentunya akan diberhentikan dan ganti kepada orang-orang mau betul-betul memajukan dunia Pendidikan di Pulau Taliabu ini, karena gaji horernya cukup besar. Kalau cuman terima gaji tanpa kerja dan hanya tidur saja di rumah kan, kasiang SDM kita di Taliabu ini,” Ujar Aliong Mus sembari mengatakan, sebenarnya anggaran sangat terbatas, tapi lantaran komitemen kita memajukan pendidikan taliabu, makanya saya ambil kebijakan itu.

Terpisah, Kadikbud Pulau Taliabu Fifian Ade Ningsi Mus, mengatakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Taliabu, baik infrastrukturnya dan SDM-nya Pemda Taliabu telah menganggarkan melalui DAU dan DAK per tahunya, dan terus meningkat. Ini dilakukan Pemda Taliabu, sebagai upaya meningkatkan kulitas pendidikan, baik itu insftrastruktur dan SDM-nya.

Perllu diketehu juga bahwa, kata Kadikbud, bahwa jumlah tenaga guru honerer per tahunya meningkat, sebelumnya 800 orang guru honorer, kini meningkat menjadi 1.311 guru honorer.

“Alhamdulilah dari tahun ke tahun kita meningkat, kemarin sekitar 800 orang, namun pada tahun ini, meningkat menjadi 1.311 orang, dengan total anggaran 17 Milayar untuk guru-guru honorer,” Ungkap Fifian.

Fifian, berharap kedepan semua pihak bahu membahu mendorong kemajuan pendidikan di Kabupaten Pulau Taliabu.

“Semoga kedepan lebih baik dan bersinergi lagi, bersemangat, guru atau siswanya untuk kemajuan yang kita sama-sama inginkan seperti pesan Mendikbud yang dibacakan Bupati menjadi harapan untuk generasi kedepan yang cerdas, dan sehat semangat, pokonya yang terbaiklah untuk kabupaten pulau taliabu kedepan nanti,” Harapnya. (As)

Komentar