oleh

Pemdes Baleha Didemo Masyarakat

SANANA – Forum solidaritas mahasiswa bersama pemuda dan Masyarakat Desa Baleha, Kecamatan Sulabesi Timur, Kabupaten Kepulauan Sula menggelar aksi damai di depan Kantor Desa Baleha terkait kinerja pemerintah Desa setempat yang dinilai tidak transparan dalam menganggarkan dana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Aksi damai yang digelar itu menuntut agar Kepala Desa Baleha segera melakukan rapat terbuka dengan seluruh element masyarakat guna menjelaskan penggunaan dana BUMDes senilai Rp. 50.000.000.

Koordinator lapangan (korlap), Romansah Upara saat berorasi mengatakan, aksi hari ini, Rabu (27/5/2020) adalah bentuk persatuan mahasiswa dan pemuda untuk meminta penjelasan dari Kepala Desa,karena selama ini tidak ada keterbukaan menyangkut dengan pengunaan angaran BUMDesa.

“BUMDesa yang bersumber dari DD senilai Rp:50.000.000 ini sampai saat ini mandet disebabkan pengelolaan tidak jelas dan tidak transpran oleh pengurus BUMDes, ” katanya.

Sementara itu, Ilyas Joisangaji menambahkan, bahwa terkait dengan BUMDesa selama pengelolaan bahkan tidak ada kemajuan bahkan tidak berjalan sesuai harapan masyarakat.

“Uang Bumdes di desa baleha. pinjam desa untuk melaksanakan lomba desa sampai saat ini uang itu berada dalam perjanjian ganti oleh desa namun pihak desa tidak kembalikan, ” ungkapnya.

“kami berharap dengan aksi ini,pemerintah desa segera kumpulkan masyarakat untuk menjelaskan terkait pengunaan dana bumdes,” harapnya. (KB)

Komentar