oleh

Pemdes Loleo Jaya Sosialisasi Pencagahan Virus Corona

LABUHA – Dalam rangka pencegahan penularan Virus Corona, Pemerintah Desa (Pemdes) Loleo Jaya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Rawat Inap Loleo Jaya dan Pemerintah Kecamatan Kasiruta Timur, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) lakukan sosialisasi penanganan Virus Corona (COVID 19) dan pencegahan Stunting.

Kegiatan yang dilaksanakan di depan Kantor Desa Loleo Jaya pada Kamis (25/3/2020) itu sebagai bentuk untuk memberikan pemahaman terhadap warga terkait pencegahan penularan Corona.

Kades Loleo Jaya, Fajri Ramli mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan Pemdes bersama Pemerintah Kecamatan dan melibatkan petugas Puskesmas Rawat Inap Loleo Jaya itu untuk melakukan pemahaman terhadap masyarakat Kasiruta Timur agar mengetahui cara pencegahan Stunting, apa itu Corona, bagaimana penularannya serta cara memutus penularan virus tersebut.

“Kegiatan ini kami laksanakan untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat agar mereka mengetahui bagaimana cara pencegahan Stunting, apa itu Virus Corona, bagaimana penularannya, pencegahan dan cara memutus rantai penularan Corona,” katanya.

Ajhi sapaan akrab Fajri Ramli juga menyebut, warga sangat merespon baik dengan kegiatan yang dilakukan. “Warga Loleo Jaya sangat merespon baik dan mau bekerja sama dengan Pemdes untuk melakukan pencegahan Corona ini,” ujarnya.

Kepada warga. Lanjut Ajhi, agar jangan terlalu panik akan tetapi harus serius untuk bersama-sama saling menjaga agar dijauhkan dari virus tersebut.

Selain sosialisasi, juga memasang selebaran himbauan terkait dengan pencegahan Virus Corona dalam bentuk baliho dan spanduk di pelabuhan Loleo Jaya dan di tempat-tempat umum, serta intens melakukan pemeriksaan terhadap masuk keluarnya masyarakat dan melakukan pemantauan terhadap warga yang baru datang dari Ternate maupun daerah lain.

Sementara itu, Camat Kasiruta Timur, Sanusi Haruna di kesempatan itu membacakan surat edaran Bupati Nomor 061.1/642/2020 tentang pencegahan serta menekankan agar masyarakat tetap mengikuti apa yang menjadi himbauan oleh Pemerintah. Ia juga berharap agar warga Loleo Jaya tetap menjaga diri sehingga terhindar dari Corona.

“Saya sampaikan agar kita samua saling menjaga, saling mengingatkan agar terhindar dari Virus Corona dan tetap mengikuti himbauan yang di keluarkan Pemerintah,” imbuhnya.

Kepala Puskesmas (Kapus) Loleo Jaya, Supriyanto Andartomo juga berharap agar warga Loleo Jaya dan masyarakat Kasiruta Timur umumnya agar bisa mendukung segala upaya yang dilakukan oleh Puskesmas Loleo Jaya dalam rangka pencegahan. Dia juga berpesan agar warga harus serius dan jangan main-main terhadap wabah ini.

“Tetap saling mendukung sehingga dengan demikian kita lebih mudah melaksankan tindakan-tindakan pencegahan jika ada pengaduan sedini mungkin,” harapnya. (BR)

Komentar