oleh

Pemdes Samsuma Salurkan BLT DD Tahap I Kepada 93 KK

HALSEL – Pemerintah Desa Samsuma, Kecamatan Pulau Makean, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap I di Desa Setempat, Kamis (14/5/2020).

Sebanyak 93 KK di Desa Samsuma yang berhak menerima BLT dari jumlah total KK 216, per KK menerima Rp 600 ribu selama tiga bulan mulai April hingga Juni, total penerima BLT per KK sebanyak Rp 1.800.000.

Kades Samsuma, Mahrus Kadir mengatakan, 93 KK penerima BLT itu diluar dari Staf Desa, BPD, Lembaga Desa, PNS dan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang di data.

“Kami melakukan pendataan dan verifikasi, yang sudah mendapatkan PHK itu tidak lagi terima BLT, dari 93 KK yang berhak menerima BLT itu sudah di data dan itu belum di tersentuh bantuan,” katanya.

Penyaluran BLT. Lanjut Mahrus, dilakukan sesuai Peraturan Mentri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang perubahan Peraturan Mentri Desa, PDTT Nomor 11 tahun 2019 tentang prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2020 dalam rangka penanganan dampak pandemi coronavirus (Covid-19).

Ia juga menghimbau kepada warga yang menerima BLT agar digunakan sesuai kebutuhan. “Kepada penerima BLT agar digunakan sesuai dengan kebutuhan dan dimanfaatkan sebaik baik mungkin,” imbuhnya.

Untuk diketahui, penyaluran BTL yang dilakukan Pemdes Samsuma bersama BPD dan tim relawan Covid-19 itu didampingi Babinsa, Babinkantibmas, pendamping Desa dan pendamping Kecamatan. (BR)

Komentar