oleh

Pemerintah Pusat Akan Kucurkan Rp 1,3 Triliun di Taliabu

Bupati Taliabu Hi. Aliong Mus (Foto:As/lintasmalut.co.id)

TALIABU – Kucuran dana Pemerintah Pusat sebesar Rp. 1,3 Triliun di Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) Provinsi Maluku Utara (Malut) ternyata bukan isapan jempol belaka, anggaran yang dijanjikan Presiden Joko Widodo itu benar-benar akan segera dikucurkan meskipun realisasinya secara bertahap.

Anggaran tesebut diprioritaskan untuk pembangunan Bandara dan Dermaga Kontener di Taliabu.

Bupati Aliong Mus mengungkapkan, anggaran Rp. 1,3 Triliun yang diprioritaskan untuk pembangunan Bandara dan Dermaga akan segera direalisasikan, tahapan awal Pemerintah akan merealisasikan kurang lebih Rp. 100 Miliar untuk Land Clearing Bandara, anggaran ini akan terelaisasi pada bulan mei 2019.

“Angaran Rp. 1,3 triliun ini akan terelaisasi pada bulan mei 2019 ini, realisasinya secara bertahap, untuk tahap awal akan di realisasikan sebesar Rp. 100 miliyar lebih dengan fokus kegiatanya pada pemberishan land clearing bandara Taliabu,”ungkapnya kepada awak media di kediaman Bupati, Kamis (2/5/2019) kemarin.

Bupati menjelaskan, untuk mempercepat pembangunan Badara Taliabu, Pemerintah Pusat melalui Kemertian Perhubungan telah menurunkan timnya ke Pultab beberapa waktu lalu, hal itu dilakukan untuk meninjau lokasi dan melihat seluruh kesiapan yang telah dilakukan Pemda Taliabu.

“Tim dari pemerintah pusat telah turun ke taliabu beberapa waktu lalu, tentunya maksud mereka ke taliabu ini dengan tujuan melihat sejauh mana kesiapan yang telah di siapkan oleh Pemda, baik itu lahan serta persyaratan mutlak lainya, wal-halsil mereka telah melihat itu semua dan eksen pembangunan badara ini segera dilakukan,”jelasnya.

Bupati juga menyebut, mimpi besar Pemerintah dan rakyat Taliabu akan terbangunya sebuah Badara di Negeri ‘Hemungsia Siadufu’ segera terpenuhi, hal ini di buktikan dengan adanya dukungan dari sejumlah Kementrian termasuk Bapenas.

“Bapenas telah menyusun skema dan desain pembangunan Bandara Taliabu bersama Kementrian Perhubungan RI, sebagai bukti dari itu semua adalah sebuah keseriusan dan keberpihakan anggaran yang akan di kucurkan pada bulan mei 2019 ini,”ujarnya.

“Kita semua berharap agar mimpi besar ini segara teraliasi, tentunya semua itu tidak terlepas dari koordinasi dan kerja sama pemerintah daerah dengan pihak lembaga terkait di pusat khususnya kemerintan yang berkompeten, sehingga bandara Taliabu segera terbangun,” harapnya. (As)

Komentar