oleh

Pemkab Halsel Gelontorkan Rp,3,8 Miliar Untuk Tanggap Darurat

Setda Halsel. Helmi Surya Botutihe saat diwawancarai wartawan (Foto/Ivan/lintasmalut.co.id)

LABUHA – Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Muluku Utara (Malut) gelontorkan anggaran senilai Rp,3,8 miliar untuk bantuan warga korban gempa yang mengguncang Halsel sejak 14 minggu kemarin hingga saat ini.

Ketua Tim Tanggap Darurat Bencana Kabupaten Halsel, Helmi Surya Botutihe saat dikonfirmasi wartawan media ini, Rabu (17/07/2019) diposko mengatakan, pasca gempa magnitudo yang berkekuatan 7,2 melanda wilayah Halmahera Selatan (Halsel), Bupati Bahrain telah mengeluarkan status tanggap darurat selama sepekan disertai dengan alokasi anggaran.

“Kita anggarkan Rp,3,8 Miliar untuk tanggap darurat yang tujuannya untuk membantu masyarakat diwilayah yang terkena dampak gempa,”Tandasnya.

Selain itu, menurut Helmy, ada juga bantuan dari lembaga lain seperti perbankan. BNI, Maluku, BRI, BNI syariah, Bank Mandiri yang disalurkan melalui Pemerintah Kabupaten.

“Bantuan sudah banyak. Yang pertama dari Pemda yakni, makanan, terpal, selimut dan obat-obatan yang sudah di distribusikan sejak senin dimana bantuan itu menggunakan armada transportasi laut utk korban di gane sebagian jalur darat,” Katanya.

Di tambahkan, saat ini pihaknya masih fokus penyaluran bantuan dan belum menghitung berapa kerugian.

“Mulai besok kita turunkan tim untuk mendata. Supaya anggaran untuk merekonstruksi rumah-rumah warga. Optimis bisa yakinkan pempus supaya bisa membangun rumah warga,”U jar Helmy. (van)

Komentar