oleh

PEMKAB HALUT Peringati Hari Kesehatan Nasional Ke 54 Tahun 2018

TOBELO, Lintasmalut.net  — Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara, Melalui Dinas Kesehatan Kab.Halut Menggelar Hari Kesehatan Nasional ke 54 Tahun 2018.

Kegiatan Hari Kesehatan Nasional ke 54 Tahun ini, mengusung Tema “Aku Cinta Sehat” dengan Sub Tema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”  bertempat di gedung Poligrand Desa Mkcm, Senin (12/11/2018).

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Halut , Muhamad Tapi Tapi dalam sambutannya mengatakan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Halut Tahun 2018 merupakan momentum untuk mengubah gaya hidup sehat mulai dari diri sendiri.

“Peringatan ini sekaligus momentum untuk menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS,” ungkapnya.

Muhamad menambahkan, peringatan HKN usung semangat untuk merangkul masyarakat, dunia usaha, profesional, mitra, organisasi dan tokoh masyarakat

“Dengan adanya rangkaian kegiatan ini diharapkan semua sektor akan semakin sadar akan pentingnya pembangunan kesehatan,” katanya.

Ia menjelaskan, HKN diperingati tanggal 12 November setiap tahunnya. Pada tahun 2018 ini, pihaknya mengambil tema Aku Cinta Sehat dengan Sub tema Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita.

Menurut dia, tema ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat guna meningkatkan kualitas hidup.

“Maknanya, kesehatan itu harus kita mulai dari diri kita sendiri dan dari keluarga kita. Kesehatan sangat diperlukan dari perilaku lingkungan,” tandasnya.

Dalam amanat  Menteri Kesehatan RI dalam peringatan HKN ke-54 yang dibacakan oleh Bupati Halut Frans Manery, mengatakan, HKN adalah sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Maka akan terwujud apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dalam dan peran pemerintah untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan dan pemenuhan sumber daya manusia kesehatan. Untuk memenuhi akses pelayanan kesehatan khususnya didaerah terpencil, perbatasan dan kepulauan.

“Kementerian Kesehatan mendorong terlaksananya gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Dengan germas kita mengajak kerja sama lintas sektor, dan untuk program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat dan dapat membentuk warga indonesia yang kuat,” tuturnya.

oleh karena itu dalam kesempatan ini Menteri Kesehatan ingin memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya program kesehatan baik untuk program maupun lintas sektor.

“Kita berikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya Kesehatan, baik itu akademisi, kepala daerah, pelaku mengorganisasi masyarakat dan lain-lain. Sehingga dimasa yang akan datang pembangunan kesehatan akan terus mengalami kemajuan,” tegasnya.

“Selaku Pemerintah Daerah Kab Halut saya Berharap kegiatan ini dapat di manfaatkan untuk mensosialisasikan kebijakan pembangunan berwawasan kesehatan dan memperkenalkan program-program Kesehatan kepada Masyarakat” Ucap Bupati Halut .

Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November, baik ditingkat pusat maupun daerah. Tema Hari Kesehatan Nasional tahun 2018 adalah “Aku Cinta Sehat” Sedangkan subtema HKN 2018 adalah,“Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”.

Sebelumnya dalam rangka memperingati HKN ke 54 Tahun 2018, Dinas Pendidikan Kab. Halut menggelar Lomba-lomba antar Profesi Kesehatan diantaranya, Karya Ilmiah, Seni Paduan suara, Tarik tambang, serta jalan sehat dan senam Bersama Pemda Halut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Halut,Para  Asisten dan staf Ahli Bupati Setda Halut, Pimpinan OPD, Forkopimda, Kepala Puskesmas Se Kabupaten Halut,  para Tokoh Agama dan tokoh Masyarakat Halut.

Sumber : I- Malut/ Lintas Malut

 

Komentar