oleh

Pemkab Pulau Taliabu Hadiri TKN, GTTG XX dan PinDesKel Tahun 2018 di Bali

BALI, LM — Wakil Bupati Pulau Tailiabu Ramli hadiri acara Temu Karya Nasional (TKN) Gelar Teknologi Tepat Guna (GTTG) KeXX serta Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (PinDesKel) Tahun 2018 yang dipusatkan di Kawasan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Jum’at (19/10/2018).

Selain Wabup, pada acara yang dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo itu, hadir pula menemani Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Pulau Taliabu, Syukri Sanya, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Seniwati Buamoma.

Untuk diketahui, acara Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ditjen Bina Pemerintahan Desa (PMD), Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) untuk mencari pencipta kreasi dan inovasi di daerah dalam pengembangan teknologi.

Pemanfaatan teknologi tepat guna diharapkan dapat mendorong masyarakat setempat untuk berkreasi sehingga produk daerah memiliki nilai dan daya saing tinggi.

Pada acara yang berlangsung selama 3 hari
mulai dari tanggal 19 sampai dengan 21 Oktober tersebut, Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu menampilkan 1 jenis produk yakni pembuatan kain tenun secara manual.
Wakil Bupati Ramli mengaku bahwa dengan kegiatan seperti ini, maka kedepan Kabupaten Pulau Taliabu harus mempunyai daya saing antara desa dalam menciptakan sebuah invonasi.

”Harus ada tim inovasi desa yang siap menciptakan temuan-temuan dalam berbagai bidang,”katanya.

Hal ini lanjutnya, agar dengan ivent seperti ini Kabupaten Pulau Taliabu dapat mengikutsertakan desa yang telah dinilai mempunyai inovasi untuk dipamerkan secara nasional.

”Tujuan agar keikutsertaan Pulau Taliabu tentunya dapat bermanfaat dan menjadi sebuah produk yang berguna bagi nusa dan bangsa dalam sebuah inovasi,”tandasnya.

Adapun acara yang diisi dengan pameran inovasi desa dan kelurahan se-Indonesia yang menampilkan produk-produk lokal berteknologi tepat guna tersebut, dilakukan pula Penyerahan Penghargaan Juara Lomba Desa dan Kelurahan, Penyerahan Penghargaan PKK Tingkat Provinsi, Pemenang Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna, Posyantek Berprestasi Tingkat Nasional serta Lomba Logo Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional tahun 2018.(cun/red)

Komentar