oleh

Pemkot Minta Keringanan

 

TERNATE, LM  – Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kota Ternate telah berakhir. Hasilnya, dari 1.408 peserta, yang lolos seleksi hanya 11 orang, itu artinya ada 101 formasi CPNS pemkot hangus.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Ternate Junus Yau mengatakan, dalam waktu dekat, pihaknya akan menyurat ke pansel dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk meminta pertimbangan. Dua hal yang diminta pemkot tyaitu, pertama, menurunkan nilai passing grade serta memberikan toleransi berdasarkan peringkat. Peserta yang dinyatakan lolos disesuaikan dengan peringkat 1 hingga 3. “ Agar formasi yang ada tidak hangus kami minta keringanan dua hal ini,” terang Junus, kemarin (4/11)

Sementara itu, untuk 11 peserta yang lulus TKD, menurut Junus, mereka belum bisa dipastikan akan langsung lulus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Sebab, setelah TKD masih ada seleksi kompetensi bidang (SKB). “ Mereka memang lulus SKD, tetapi belum dijamin lulus jadi PNS, ada satu tahapan tes lagi yakni SKB. Kalau SKB mereka lulus baru bisa  dinyatakan jadi ASN,” terang mantan Kabag Humas ini.

Untuk formasi guru, bagi yang telah lulus TKD, tidak akan mengikuti tes SKB, jika mereka telah mengantongi sertifikasi dari instansi atau pemerintah yang berwewenang mengeluarkan sertifikat tersebut. Namun, jika belum memiliki sertifikasi tersebut, mereka tetap harus mengikuti tes SKB. “ Itu hanya berlaku untuk formasi guru, sementara untuk formasi kesehatan dan teknis tetap harus mengikuti SKB,” jabar Ko Unu sapaan akrabnya.

Sedangkan untuk jadwal tes SKB, sambung Junus belum ada informasi pasti dari panitia seleksi pusat. Namun yang pasti akan digelar November ini.

Terkait rencana pemkot yang akan menyurat ke BKN,  Kepala Kantor BKN Regional XI Manado Wakiran mengaku, belum bisa memastikan apakah ada pertimbangan dari pemerintah pusat terkait banyak formasi yang tidak terpenuhi itu atau tidak. “ Belum ada informasi. Yang jelas hasil tes ini, akan kami serahkan ke pusat, sesuai hasil tes,” tandasnya.

Sementara soal, rencana pengangkatan honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Wakiran mengaku hal itu juga belum ada informasi pasti.”Memang arahnya kesana, tapi sementara masih dalam pembahasan,” pungkasnya.

Meminta Pertimbangan
1. 101 formasi CPNS pemkot hangus.
2. Pemkot akan menyurat ke pusat untuk meminta pertimbangan.
3. Dua hal yang diminta pemkot. Meminta menurunkan passing grade dan memberikan toleransi berdasarkan peringkat.
4. Untuk 11 peserta yang lulus TKD, belum bisa dipastikan langsung lulus sebagai ASN
5. Setelah TKD masih ada seleksi kompetensi bidang (SKB).
6. jadwal tes SKB, belum ada informasi

 

Sumber : Malut Post

Komentar