oleh

Pencarian Warga Tenggelam di Perairan Halsel Masih Nihil

HALSEL – Pencarian hari pertama Seorang warga Desa Bobo, Kecamatan Obi Timur, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yang dikabarkan tenggelam belum ditemukan.

Korban Yunus Mukaranus (70). Dia diketahui keluar rumah sejak Selasa (18/4/2020) sekitar pukul 01.00 WIT, namun tidak kembali dan pada saat pagi hari warga melihat perahu korban sudah mengapung di pinggir pantai Desa Bobo sehingga warga mengambil kesimpulan bahwa korban tenggelam di sekitar pantai Bobo dan sampai saat ini warga masih melakukan pencarian menyelam dengan menggunakan peralatan yang seadanya. Kejadian tersebut pun akhirnya di laporkan ke pihak Basarnas.

Kepala Basarnas Ternate Muhammad Arafah mengatakan, Unit Siaga SAR Bacan pukul 08.30 WIT, memberangkatkan tim SAR gabungan menuju Lokasi Kejadian Perkara (LKP) untuk melakukan operasi pencarian.

“Direncanakan tim SAR gabungan akan tiba di LKP pada pukul 13.05 wit, menggunakan RIB 01 milik unit siaga SAR Bacan dengan peralatan palsar selam 3 set, 1 tabung cadangan, HP satelit inmarsat, kantong mayat dan peralatan medis,” katanya.

Pukul 14.00 WIT. Lanjut Arafah, tim SAR Gabungan tiba di Desa Bobo selanjutnya melakukan koordinasi dengan pihak keluarga dan aparat setempat kemudian melakukan penyelaman dan penyisiran di LKP.

Arafah menyebut, hasil penyelaman yang dilakukan tim SAR sebanyak 2 sortie masih nihil, belum ditemukan tanda-tanda keberadaan korban, dan hasil penyisiran di permukaan air dengan menggunakan RIB 01 Bacan dan Longboat warga juga belum membuahkan hasil.

“Selanjutnya pukul 17.30 WIT, tim SAR gabungan kembali ke Desa Bobo untuk melakukan debreafing operasi SAR hari pertama dengan hasil nihil. operasi SAR hari ke dua akan kembali dilanjutkan pada minggu (besok) pukul 07.00 WIT,” ungkapnya.

Untuk diketahui, unsur yang terlibat dalam operasi tim SAR diantaranya, Basarnas 6 orang, Pos polairud Bacan 1 Orang, BPBD Halsel 2 orang dan warga Desa Bobo 10 orang. (Alan)

Komentar