oleh

Pengakuan Oknum ASN dan PPK Jadi Timses Caleg DPRD Halsel Muslim Rakib, Panwascam Juga Terlibat

Ilustrasi

LABUHA – Salah seorang Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) yakni Bendahara UPTD Kecamatan Pulau Makian atas nama Tamrin Rasid yang juga selaku anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pulau Makian terlibat politik praktis serta menjadi Tim Sukses (Timses) calon anggota DPRD Halsel Dapil Makian – Kayoa nomor urut 1 dari Partai PKB Muslim Hi. Rakib.

Anehnya, atas pelanggaran pemilu yang dilakukan PPK dan oknum ASN tersebut sudah diketahui Panwas Kecamatan namun tidak ditindaklajuti ke Bawaslu Kabupaten Halsel. Hal ini patut dipertanyakan Independensi Pengawas Pemilu Oleh Panwascam.

Sementara itu informasi yang dihimpun Media ini medekati H-1 pencoblosan pada selasa (16/4) malam, Tamrin menyuruh seorang PNS UPTD Kecamatan yang sekarang pindah di Bappeda Halsel inisial M bersama temannya membagikan kartu nama Muslim ke sejumlah guru di Kecamatan Pulau Makian, mulai dari Desa Sangapati hingga Desa Rabut Daio dengan mengatasnamakan atas perintah Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Halsel Hj. Nurlela Muhammad yang tidak lain adalah istri Bahrain Kasuba.

“Saya cuman disuru pak tam untuk bagikan kartu nama muslim dan untuk atas nama Ibu Kadis Pendidikan itu juga arahan langsung dari pak tam,”kata M, saat dikonfirmasi lewan via telepon, Kamis (26/4/2019) pukul 22.30 WIT kemarin.

Oknum Kepsek inisial H yang diberikan kartu nama juga membenarkan bahwa (M bersama temannya/red) memberikan kartu nama Muslim kepada dirinya dengan alasan bahwa ini perintah dari Ibu Kadis agar H mencoblos Muslim di 17 April lalu.

“Malam besoknya hari H pencoblosan, mereka kasih kartu nama dan mereka suru coblos caleg DPRD Muslim Hi. Rakib yang ada di kartu nama itu, kemudian mereka bilang ini arahan dari ibu kadis, dan yang kasih kartu nama itu saya kenal dulu kerja di UPTD namanya M dengan satu orang teman, selain saya ada sekitar tiga atau empat orang yang di kasih juga disini,”ungkapnya.

Sementara Bupati Halsel Bahrain Kasuba mengatakan, Kadis Pendidikan tidak perna memberikan perintah kepada ASN untuk membagikan kartu nama Caleg Muslim Hi. Rakib kepada sejumlah guru yang ada di Kecamatan Pulau Makian dan itu hanya oknum yang sengaja memanfaatkan.

“Memang tidak seperti itu dan tidak betul sama sekali dan kalau seperti itu berarti ada oknum yang sengaja memanfaatkan nama kadis,”kata Bahrain lewat via telepon lagi, Kamis (25/4/2019) pukul 01.42 WIT kemarin.

Untuk di ketahui, pada saat M dan temannya membagikan kartu nama Muslim di Desa Matentengin, Panwascam mendapat informasi dari warga sekitar bahwa ada oknum PNS yang membagikan kartu nama Caleg dan langsung menuju Desa Matentengin menggunakan sepeda motor kemudian M dan temannya mendengar bunyi motor dan mengetahui bahwa itu adalah Panwas mereka berdua langsung lari untuk bersembunyi, akan tetapi Panwas sempat mengabil foto dokumentasi mereka berdua. (Tim)

Komentar