oleh

Pengusaha Keluhkan Pengurusan Izin, Ini Jawaban Kadis DLH Halut

TOBELO, LM -Keluhan pengusaha di Tobelo, kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara bahwa Dinas Lingkungan Hidup (DLH) lambat memproses izin lingkungan ditanggapi Kepala Dinas, Samut Taha.

Menurutnya,  pengurusan izin  beberapa pengusaha pertokoan sudah ditindak lanjuti, namun  pemohon  menunggu lama akan ditelusuri. Sebab  ada pengakuan pengusaha  mereka mengurus izin sampai 3 bulan hingga kini  tak kunjung selesai.

Samut menjelaskan,  sesuai  tahapan perizinan yang selama ini di keluhkan  setelah ditelusuri,  ternyata tidak  masuk dalam daftar yang dirillis  DLH Halmahera Utara. “Secepatnya  diselesaikan dengan memproses agar izin  segera diterbitkan meskipun bukan dimasa kepimpinan saya, tapi tetap saya upayakan  persoalan  selesai,” janjinya, Selasa (30/10)

Menurutnya,  pengurusan ijin lingkungan  berdasarkan Surat Keputusan (SK)  Bupati yang didalamnya memuat tentang mekanisme serta tahapan hingga  izin dikeluarkan. Untuk menghindari pungutan liar oleh oknum yang mengatasnamakan Pegawai DLH.

“Dalam waktu dekat  kami akan memanggil  pelaku usaha  mensosialisasikan mekanisme pengurusan izin berdasarkan klasifikasi usaha  sesuai dengan regulasi  yang ada dengan tidak memberatkan satu pihak,” katanya.  Seraya menambahkan,  oknum pegawai DLH akan  berikan teguran serta pernyataan dengan harapan  tidak mengulangi  perbuatannya.

Sumber : Koridorzine

Komentar