oleh

Penumpang Speedboat Keluhkan Harga Tiket, Kadishub: Kami Sudah Keluarkan Himbauan

Kadishub Halbar, Suwandi Hi. Gani (Foto:Jojo/lintasmalut.co.id)

JAILOLO – Pernyataan Plt Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Suwandi Hi. Gani, nampaknya diabaikan oleh ABK Speedboat rute Jailolo – Ternate. Kenapa tidak, sampai saat ini keluhan penumpang terkait harga tiket Speedboat yang di mainkan oleh ABK dari Rp.60.000 ke Rp.100.000 masih berlaku. Hal ini diakui Arsad salah satu penumpang saat ditemui di pelabuhan Speedboat Jailolo, Minggu (14/7/2019).

“Kami menagih pernyataan Kadishub, katanya kalau masih kedapatan harga tiket 100.000 akan di cabut ijin berlayar, buktinya sampai hari ini masih saja diterapkan tiket yang tidak sesuai dengan ketentuan, berarti dengan sendirinya Kadishub membohongi masyarakat,”kata Arsad.

Arsad juga mendesak kepada Bupati Halbar Dany Missy, agar segera meninjau ke lapangan dan memberikan teguran keras kepada para ABK. Menurut Arsad, pihak ABK Speedboat tidak menghiraukan pernyataan Kadishub. “Bupati harus turun ke pelabuhan dan memantau aktivitas Speedboat, karena persoalan harga tiket yang naik tidak sesuai ini sudah ditegur oleh Kadishub, namun terkesannya ABK tidak menghiraukan itu, sehingga Bupati harus ambil langkah,”ujarnya.

Menurut Arsad, kenaikan harga tiket speedboat itu sering terjadi pada jam 3 sampai jam 6 sore. Olehnya itu, dirinya berharap agar Bupati segera menertibkan petugas Dishub untuk bertugas di pelabuhan sampai di jam tersebut.

“Biasanya mereka menaikan harga tiket pada sore hari, dari jam 3 sampai jam 6 sore, ini semestinya petugas Dishub harus berada di pelabuhan dan mengontrol, jangan cuma sampai di jam kerja, karena terlepas itu ada yang mencoba bermain harga tiket,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadishub Halbar Suwandi Hi. Gani menyebut, pihaknya sudah mengeluarkan himbauan kepada petugas Speedboat terkait dengan jam berlayar.

“Kami sudah mengeluarkan himbauan terkait jam berlayar, jadi yang ditetapkan dalam himbauan kami itu sampai jam 4 sore, kalau masih ada pihak Speedboat yang melawan dengan himbauan kami maka konsekuensinya ditanggung sendiri, baik ABK maupun penumpang tersebut,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (15/7) sekira pukul 10.35 WIT.

Suwandi berharap, masyarakat turut bekerja sama dengan pihak Dishub untuk memantau aktivitas Speedboat Jailolo – Ternate demi merealisasikan keluhan kenaikan tarif Speedboat.

“Kita butuh kerjasama, kami berharap masyarakat juga turut memantau aktivitas Speedboat, jujur saja setelah di Kroscek oleh Dishub ternyata tarif tiket yang tidak di ketahui oleh Dishub ini awalnya terjadi kesepakatan antara ABK dengan penumpang, jadi kami berharap kalau sudah jam 5 samapi jam 6 sore tolong patuhi jam berlayar yang sudah ditetapkan oleh Dishub,”harapnya. (Jojo)

Komentar