oleh

Peringati HUT Ke-47, Basarnas Ternate Wujudkan Pelayanan SAR Cepat dan Prima

Upacara memperingati Hari Ulan Tahun (HUT) Ke-47 (Foto:Ist/Basarnas)

TERNATE, Lintasmalut.net – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Provinsi Maluku Utara, menggelar upacara memperingati Hari Ulan Tahun (HUT) ke-47, Kamis (28/2/2019) pukul 07.00 wit.

Hut yang diberi tema, ‘Dengan sinergitas dan solidaritas, Basarnas dengan potensi SAR bertekad mewujudkan pelayanan SAR yang Cepat dan Prima’ itu dihadiri Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Basarnas Republik Indonesia, Marsekal Madya TNI, Bagus Puruhito SE MM.

Hadir pula Wakil Gubernur Maluku Utara, M Natsir Thaib bersama Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto. Danlanal Ternate, Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto dan Dansat Brimob Polda Malut bersama Kapolres Kota Ternate AKBP Azhari Juanda juga turut hadir pada saat itu.

Kepala Kantor Basarnas Ternate, M Arafah mengatakan, hari ini institusi pemerintahan yang identik dengan baju orange merayakan hari jadinya yang ke 47. Dimana hari tersebut adalah momen yang sepesial bagi keluarga besar Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan yang sudah populer dengan Basarnas.

“Berbagai dinamika mewarnai perjalanan Basarnas dari tahun ke tahun begitu dinamis. Hingga saat ini Basarnas telah menjelma menjadi institusi pemerintahan yang berkompeten di bidang Pencarian, pertolongan, penyelamatan, evakuasi pada kecelakaan dan bencana maupun kondisi yang membahayakan jiwa manusia,” ungkap Arafah.

Arafah menambahkan, tugas mulia Basarnas tersebut tertuang dalam UU nomor 29 tahun 2019, tentang pencarian dan pertolongan.

“Dedikasi dan kerja keras dalam bingkai misi kemanusiaan itulah yang membuat Basarnas saat ini menjadi lembaga yang legimate, begitu di cintai dan di kenal masyarakat. Tidak hanya di tanah air tetapi juga dunia internasional,” imbuhnya.

Usai upacara, Basarnas Kota Ternate juga melakukan simulasi penanganan kecelakaan di jalan raya yang dilakukan oleh Rescuer Basarnas Ternate. Kemudian acara tesebut diakhiri dengan ramah tamah. (Alan)

Komentar