oleh

Persiapan Pembukaan Festival Morotai Sudah Lebih Dari 50 Persen

Nona Duwila, Kepala Dinas Parawisata Kabupaten Pulau Morotai (Foto/Fik/lintasmalut.co.id)

DARUBA – Panitia Pelaksana Festival Morotai terus mempersiapkan kelengkapan jelang pembukaan yang akan digelar di lapangan Sail Morotai Desa Juanga Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai Maluku Utara pada 2 Agustus Mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Pulau Morotai, Nona Duwila, mengatakan sejauh ini persiapan sudah lebih dari 50 persen dan Para peserta yang akan terlibat dalam festival juga sudah mulai dikonfirmasi, agar bisa melakukan persiapan jauh-jauh hari.

“Untuk lokasi sudah dibersihkan. Terkait kesiapan pada acara pembuka seperti tarian kolosal dan bambu hitada dalam beberapa Minggu terakhir tim sudah turun untuk latihan ke desa-desa. Pokoknya persiapan kita sudah matang, Insha Allah semua bisa berjalan lancar,” Ucap Nona ketika dikonfirmasi diruang kerjanya, Rabu (24/7/2019).

Untuk tarian kolosal, lanjut Nona, akan di back-up langsung oleh TNI-Polri sebanyak 100 personil, ditambah dengan 8 suku yang ada di Morotai.

“Jadi untuk tarian kolosal ini ada kurang lebih 800 peserta. Sedangkan bambu hitada kita siap 2.000 peserta yang direkrut dari beberapa desa.” Jelas Nona.

Sementara itu, untuk kegiatan Festifal ini mulai dari kegiatan pembuka sampai dengan penutupan telah disiapkan sebesar Rp,650.000.000 juta yang dialokasikan melalui APBD Induk 2019.

“Harapan kami acara bisa semakin hidup dan meriah. Festival Morotai ini adalah kegiatan rutin tahunan yang masuk Calendar of Event (CoE) Kementerian Pariwisata,” Ungkapnya.

“Untuk acara puncak, warga juga akan dihibur oleh artis Ibu Kota dan penyanyi dangdut lokal. Kita datangkan Wali Band di acara penutupan nanti, dan yang pastinya Yusuf juga diundang.” Tutup Nona.

Untuk diketahui, dalam festival tersebut, nantinya ada beberapa ifen yang digelar antara lain pemilihan jojaru ngongare, ajang pencarian bakat Morotai idol, baris kreasi goyang Morotai, fun dive, gita bahari, fishing Morotai (lomba mancing). Dan adapula lomba kuliner tradisional, lomba menggambar dan lomba mewarnai khusus anak-anak, lomba perahu hias tradisional, swimming race (lomba renang), boxing tournament dan football open tournament Bupati Cup yang berlangsung pada tanggal 2-19 Agustus 2019. (Fik)

Komentar