oleh

Petahana Pilkades Wajib Lampirkan Suket dari Inspektorat

DARUBA – Persyaratan bagi Kepala Desa (Kades) aktif yang akan kembali mencalonkan diri dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Pulau Morotai tahun 2019, salah satunya harus melampirkan Surat Keterangan (Suket) bebas temuan dari Inspektorat Kabupaten Pulau Morotai.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pulau Morotai, Alexander Wermasubun mengatakan larangan Kades bermasalah untuk kembali mencalonkan diri telah diataur dalam peraturan Bupati (Perbub) sebab salah satu syarat calon kades petahana yakni bebas temuan yang akan di rekimendasikan oleh pihak inspektorat.

“Itu menjadi syarat bagi Kades aktif yang mau maju kembali dalam Pilkades serentak yang akan di laksanakan nanti,”ungkap alexsander, selasa (3/9/2019).

Ia mengatakan, peraturan tersebut berdasarkan Perbup, di dalam proses pendaftaran nanti khusus untuk para calon kades yang sudah pernah menjabat (Incumbent), harus menyertakan suket bebas temuan.

“Jadi Ada persyaratan yang nanti diminta itu bebas temuan, jadi setiap calon yang berasal dari desa untuk incumbent itu dilampirkan surat bebas temuan dari inspektorat Harus ada keterangan itu jika tidak memenuhi syarat itu maka tidak bisa lagi mencalonkan diri sebagai kepala desa”tutur alex.

menjadi syarat bagi Kades aktif yang mau maju kembali. Karena tugas kami memberi pembinaan, maka jika ada kesalahan pertanggung jawaban secara administrasi maka disarankan untuk melakukan pengembalian keuangan” paparnya.

“Suket yang akan dikeluarkan oleh pihak Inspektorat nantinya juga akan didasarkan pada pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD dan Dana Desa (DD) dari APBN tahun 2019 kebawah” cetusnya.

Pihak Inspektorat nantinya akan mengeluarkan suket dengan di dasarkan pada pengelolaan keuangan ditahun 2019 dan sebelum-sebelumnya. Kalau ditemukan adanya pelanggaran maka otomatis tidak akan diberikan keterangan bebas temuan,” pungkas Alex. (fik)

Komentar