oleh

Polda Malut Kirim 100 Personil Brimob ke DKI Jakarta

-NASIONAL-256 views

TERNATE – Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) mengirimkan Satuan Singkat Kompi (SSK) 100 Personil Brimob untuk melaksanakan tugas Bawah Kendali Operasi (BKO) ke Polda Metro Jaya dalam rangka pengamanan unjuk rasa dan menciptakan kondisi keamanan yang kondusif di Dki Jakarta.

Pelepasan satu SKK 100 Personil Brimob BKO dilaksanakan di Bandara Babullah Ternate, Rabu (25/9) sekitar 19.00 WIT kemudian berangkat ke DKI Jakarta pada pukul 23.00 WIT dengan menggunakan pesawat Wings.

Upacara tersebut dipimpin langsung Kapolda Malut Brigjen Pol Suroto dan dihadiri Wakapolda Malut Kombes Pol Lukas Akbar Abriari, para pejabat utama Polda, Para Danyon, Danki serta Perwira Brimob Polda Malut.

Kapolda dalam sambutannya mengatakan, ini yang kedua kalinya Polda Malut melaksanakan BKO ke Polda Metro Jaya, pimpinan Polri menilai wilayah Polda Malut semakin baik sehingga dipilih untuk bertugas keluar wilayah.

“Kepercayaan yang telah diberikan untuk memback-up kewilayahan dalam menciptakan kondisi keamanan, harus benar-benar menjadi perhatian dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya melalui sinergitas, profesional semua anggota serta diharapkan dengan kehadiran personil BKO ini dapat memberikan manfaat bagi kepolisian wilayah tersebut.” katanya.

Kapolda juga menyebut, menjelang pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, terdapat banyak isu yang dapat membuat stabilitas keamanan terganggu, dari isu kecil tersebut bisa menjadi pemicu konflik sosial di berbagai Daerah.

“Keamanan secara menyeluruh tetap di percayakan kepada Polri dan Merupakan tumpuan harapan rakyat Indonesia demi tercipyanya situasi yang kondusif, terciptanya kondisi keamanan tidak semata-mata hanya dibebankan kepada Polri saja, namun perlu adanya kerjasama dengan elemen-elemen masyarakat, stake holder, toga, dan tomas agar terciptanya suasana aman dan tertib, agar dapat meminimalisir terjadinya konflik sosial dimasyarakat,” ujarnya.

“Dengan kesiapan yang dimiliki diharapkan dengan kehadiran Personil Brimob Polda Malut dapat membantu kewilayahan Polda Metro Jaya, sehingga dapat terciptanya situasi dan kondisi yang kondusif di DKI Jakarta,” sambungnya.

Kapolda juga mengingatkan agar dalam penanganan unras baik yang dilakukan oleh mahasiswa maupun elemen masyarakat, agar dilakukan secara profesional dan lakukan pendekatn yang humanis.

“Sesuai dengan arahan Bapak Kapolri jangan ada yang menggunakan peluru tajam ataupun karet, maksimalkan penggunaan water canon dan gas air mata, dan apabila melakukan tindakan Kepolisian selalu pedomani tahapan-tahapan dalam tindakan Kepolisian yakni Perkap Nomor 1 tahun 2009, Perkap Nomor 8 tahun 2009 dan Perkap Nomor 2 tahun 2019,”pintanya.

Kapolda berpesan kepada Personil BKO agar tetap menjaga sikap toleransi, junjung tinggi harkat dan martabat Polri sebagai pengayom dan pelindung masyarakat.

“Personil yang melaksanakan BKO ke Polda Metro jaya agar jaga sikap toleransi, jangan arogan dan tidak mudah terpancing emosi serta junjung tinggi harkat dan martabat Polri sebagai pengayom dan pelindung masyarakat,” imbuhnya. (Alan)

Komentar