oleh

Polres Kepsul Berhasil Amankan 168 Botol Captikus

SANANA – Satresnarkoba Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) berhasil amankan ratusan botol Minuman Keras (Miras) jenis captikus dari inisial MU (34) warga Desa Fatce dan JS (34) warga Desa Mangon, Kecamatan Sanana, Kamis (5/12).

Dari pelaku, petugas mengamankan Barang Bukti (BB) Miras captikus sebanyak 24 botol milik MU dan 144 botol captikus milik JS. Miras tersebut didatangkan dari Manado, Sulawesi Utara melalui Kapal Muatan (KM) Permata Bunda.

Kasat Resnarkoba Ipda Ruslan Lutia mengatakan, pada pukul 11.00 WIT, dirinya bersama personil lakukan memonitoring giat masyarakat di pelabuhan laut Sanana pada saat masuknya kapal guna mencegah terjadinya peredaran Narkoba termasuk miras.

“Dalam giat tersebut, berhasil diamankan minuman keras jenis cap tikus atau sopi sebanyak 6 karton dengan jumlah 168 botol yang dikemas dalam botol air mineral ukuran 600 ml,” katanya dalam rilis tertulis via pesan WhatsApp.

Ruslan menjelaskan, pukul 11.30 WIT, personilnya memperoleh informasi bahwa sering dilakukan transaksi Miras dari kapal pada siang hari saat pelabuhan sudah sepi. Kemudian sekitar pukul 11.45 WIT, dirinya mengumpulkan personil untuk memonitoring di pelabuhan laut Sanana.

“Pada saat monitoring, ditemukan ada masyarakat yang menurunkan barang berupa karton dari atas kapal yang dimuat di mobil truk dan sepeda motor yang diduga Miras, kemudian diangkut oleh truk dan sepeda motor tersebut keluar dari pelabuhan laut Sanana. kemudian personil melakukan pembuntutan,” jelasnya.

Saat pembuntutan. Kata Ruslan, sekitar pukul 12.00 WIT, personil melihat sepeda motor yang diduga membawa Miras berhenti di jalan raya Desa Mangon.

“Personil kemudian mengamankan pelaku dan melakukan penggeledahan barang bawaan berupa 1 buah karton dan menemukan Miras jenis cap tikus yang dikemas dalam botol air mineral ukuran 600 ml sebanyak 24 botol diduga milik MU,” ungkapnya.

Pembuntutan dilanjutkan pukul 12.25 WIT, dan personil melihat mobil truk berhenti untuk menurunkan barang di Desa Fogi, kemudian melakukan penggeledahan.

“Personil menemukan 5 karton yang berisikan sebanyak 144 botol captikus milik JS,” sambungnya.

Ruslan menambahkan, pelaku JS sempat melarikan diri. Namun, personilnya sudah mengetahui identitas JS, ahirnya personil berhasil mengamankan JS di rumahnya di Desa Mangon.

“Kedua pelaku dan BB diamankan di ruang Satresnarkoba untuk diproses lebih lanjut,” pungkasnya. (Raf)

Komentar