oleh

Polres Ternate Bersama Pers Perangi Hoax Dan Isu Sara Jelang Pemilu 2019

Ketgam: Komunitas Jurnalis Hukum Kriminal (KJHK) Provinsi Maluku Utara. (Foto: Alan)

TERNATE, Lintasmalut.net – Satuan Intelijen dan Keamanan (Sat Intelkam) Polres Ternate bersama Komunitas Jurnalis Hukum Kriminal (KJHK) Maluku Utara, menggelar diskusi publik dengan tema ‘Peran media melawan hoax dan isu sara demi mendukung pemilu tahun 2019 yang Aman, damai dan sejuk’ di Caffee Bahari Berkesan Kota Ternate, Kamis (28/02/2019) Pukul 22.30 wit.

Kasat Intelkam Polres Ternate, AKP Saiful Egal mengatakan, media adalah satu-satunya sasaran utama untuk mengantisipasi isu yang berkembang di tengah masyarakat. Terutama isu yang tidak jelas kebenarannya sehingga memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa.

Saiful menjelaskan, kinerja Polisi dalam hal ini Intelejen, beda tipis dengan cara kerja Wartawan. Namun dibalik perbedaan ini memiliki tugas fungsi yang hampir sama untuk mengantisipasi adanya informasi hoax dan isu sara.

“Tugas dari Pers tidak berbeda jauh dengan tugas kepolisian terutama intel. Hanya saja intel mengumpulkan informasi untuk internal yang disampaikan ke pimpinan sebagai dasar untuk mengambil keputusan lebih lanjut. Sementara media mengumpulkan informasi untuk khalayak atau publik,” ungkapnya.

Ia juga mengharapkan sebuah diskusi atau dialog yang melibatkan media (Pers), masyarakat, tokoh agama dan Organisasi Kepemudaan (OKP) di Ternate. Tujuanya, untuk menjaga situasi yang aman, baik sebelum maupun setelah pemilu.

“Semoga kemitraan ini harus tetap dijaga sehingga bisa menepis adanya informasi-informasi yang sengaja dibuat oknum yang tidak bertanggungjawab dalam mengganggu situasi kamtibmas yang aman dan damai di Kota Ternate khususnya dan provinsi Malut pada umumnya,”titipnya. (Alan)

Komentar