oleh

PPK Jailolo Selatan Gelar Bimtek Anggota PPS dan KPPS

-POLITIK-32 views
Bimtek PPS dan KPPS Kecamatan Jailolo Selatan (Foto:Bur/Lintasmalut.net)

JAILOLO – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mengadakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) dan simulasi pemungutan serta perhitungan suara kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Se-Kecamatan Jailolo Selatan (Jalsel) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) di dua tempat yakni Aula Kantor Camat Jalsel dan SDN 35 Halbar Desa Dodinga, Senin (8/4/2019).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Komisioner KPU Halbar Devisi Teknis Iwan Hi. Kader, Devisi SDM Apner Saban, Ketua PPK Jalsel Iswan M. Nur, serta PPS dan KPPS se-Kecamatan Jalsel.

Ketua PPK Kecamatan Jalsel Iswan M. Nur menjelaskan, Bimtek dan simulasi digelar untuk memberikan pemahaman terkait proses pemungutan suara dan perhitungan suara, sehingga dapat meminimalasir kesalahan dalam pemilu nanti.

“Ada kekhawatiran KPPS yang masih belum mengetahui tata cara pemungutan suara, jadi bimtek dan simulasi ini kami gelar agar seluruh KPPS mengerti tugas dan fungsi saat pemilu nanti,”Jelasnya.

Iswan juga menyebutkan, peserta Bimtek dan simulasi berjumlah 287 orang yang dibagi dalam dua sesi.

“Pada kegiatan Bimtek ini dibagi dalam dua sesi yakni sesi pertama di laksanakan di Aula Kantor Camat dan sesi kedua di SDN 35 Halbar Desa Dodinga,”Ungkapnya.

Terpisah Komisioner KPU Devisi Teknis Iwan Hi. Kader mengatakan, Bimtek pemungutan suara, perhitungan suara dan simulasi ini digelar berdasarkan ketentuan dan tata cara pemilu tahun 2019.

“Bimtek ini digelar sesuai dengan tata cara pemilu tahun 2019″Singkatnya.

Lanjut Iwan, pada Bimtek ini seluruh perangkat pemilu dibuat menyerupai aslinya, mulai dari kotak suara, surat suara, bilik suara dan lainnya agar para peserta lebih mudah memahaminya.

Sementara salah satu Ketua KPPS Alisman M mengatakan, Bimtek dan simulasi ini sangat berguna dan dengan cepat memahami tata cara pemungutan suara dan perhitungan suara.

“Karna Bimtek ini kami di simulasikan tata caranya hampir mirip dengan aslinya, sehingga kami dengam cepat memahaminya,” Ucapnya. (Bur)

Komentar