oleh

Program Desa Bobong Tak Tumpang Tindih Pembangunan Ibu Kota Taliabu

Kepala Desa Bobong Hi Muhdin Soamole (Foto/Yanto/lintasmalut.co.id)

BOBONG – Program pembangunan Desa Bobong tidak berpengaruh pada pembangunan Ibu Kota Kabupaten Pulau Taliabu terletak di Desa Bobong Kecamatan Taliabu Barat karena di pastikan tidak akan tumpang tindih antara Program Pemda dengan Program Desa Bobong.

Kepala Desa Bobong Hi Muhdin Soamole saat ditemui lintasmalut.co.id Senin (20/5/2019) mengatakan program yang melalui anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Desa Bobong tersebut , sesuai dengan renja yang telah disepakati oleh pihak Desa dan BPD bersama masyarakat, tetunya dari semua program tersebut tidak akan tumpang tindih dengan program Pemerintah Daerah, meskipun Bobong Berada di Jantung ibu Kota Kabupaten.

“Program yang akan berjalan nanti , melalui DD, akan terfokus pada hasil musyawarah, jadi kalau pun ada opini Desa Bobong ada sebuah keistimewaan, itu tidak benar, perlu diketahui mana program Pemda dan mana program Desa, itu harus bisa di pilah-pilah,” Ungkap Muhdin.

Menurutnya, tahun anggaran 2019, Desa Bobong telah mencanangkan sejumlah program pembangunan baik itu yang bersift fisik maupun non fisik, untuk ADD kata Muhdin, fokuskan pembangunan rahabilitasi Kantor Desa Bobong, serta pembayaran hak-hak aparat pemertinah Desa termasuk BPD, sedangkan untuk Dana Desa (DD) di fokuskan pembanguanan jalan sepanjang 532 meter di seputaran Dusun Fangahu dan perbatasan air minggu termasuk dua unit MCK.

Dikatakanya, bahwa pemerintah telah menetapkan posri pemerataan pembangunan meskipun Desa Bobong berada di jantung Ibu Kota Kabupaten, namun Desa Bobong tidak akan mungkin mencapuri progam di atas tanggung jawab Kabupaten, begitupun sebaliknya.

“Untuk itu saya sampaikam bahwa, kami tetap bekerja sesuai dengan porsi dan kewenanngan yang kami miliki, silahkan Kabupaten urus kabupaten punya kerja, dan kami urus kami punya kerja, karena porsi ini sudah di tentukan oleh Pemerintah berdasarkan peraturan yang berlaku,” Pungkasnya. (As)

Komentar