oleh

Program “Street Library” Ridwan Kamil: Buku-buku Akan Tersedia dari Trotoar hingga Stasiun

BANDUNG, LM – Gubernur Jawa Barat ( Jabar) Ridwan Kamil menggagas program perpustakaan jalanan (street library). Rencananya, program itu akan diluncurkan pada 16 Desember 2018 nanti.

 “Launching 16 Desember kerja sama dengan Kick Andy, sangat tertarik menyokong program itu dan akan dinasionalkan programnya. Tentunya dimulai dari Jawa Barat,” ujar Emil, sapaan akrabnya saat membuka Pameran Buku Juara di Landmark, Jalan Braga, Bandung, Selasa (6/11/2018).

Emil mengatakan, perpustakaan jalanan itu dibuat guna memudahkan jangkauan masyarakat untuk membaca. Selain di trotoar jalan, perpustakaan itu akan dibuat di beberapa terminal dan stasiun.

 “Jadi kita memberikan gagasan agar orang-orang sibuk yang tidak punya waktu khusus ke gedung untuk membaca bisa pas lagi di jalan, lagi bengong, naik motor, berhenti baca dulu di kotak yang kita sediakan dipinggir jalan, di taman, atau alun-alun,” ujarnya.

Tak hanya itu, Emil juga akan membuat microlibrary berbasis hobi yang menggabungkan perpustakaan mini dengan sejumlah kegiatan seperti menggambar, menjahit dan lainnya.

“Selain itu kita akan bikin perpustakaan berbasis hobi. Supaya orang datang ke gedung itu yang penting mah berkegiatan sambil didalamnya tergoda untuk membaca buku dengan lebih intensif,” tambahnya.

Ia berharap ragam program peningkatan literasi yang dirancang Pemprov Jabar bisa mengatrol ranking membaca masyarakat di Indonesia.

 “Ujung-ujungnya budaya literasi naik. Sekarang (literasi) masih ranking 60, presentasi minat baca naik yang sekarang masih 17 persen. Jadi warga Indonesia yang hobi baca hanya 17 persen. Itu sangat rendah. Karena itu kita harus dukung agar ujungnya warga jadi pintar, cerdas, warga tidak bisa dibohongi. Karena kita jadi masyarakat yang berilmu,” jelasnya.

Sumber : Kompas

Komentar