oleh

Proses Pembuatan E-KTP di Halbar Lambat, Ini Alasan Kadis Dukcapil

Kadis Dukcapil Halbar Andi Pilly (Foto:Jojo/lintasmalut.co.id)

JAILOLO – Proses pembuatan E-KTP yang sering dikeluhkan warga Halbar nampaknya terkendala pada sistem, hal ini diakui Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadis Dukcapil) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Andi Pilly.

Andi mengatakan, terkadang kendala yang di peroleh petugas Dukcapil pada seputaran Nomor Induk Keluarga (NIK) maupun Proses perekaman foto yang berulang ulang kali sehingga harus menunggu singkronisasi di pusat.

“Yang sudah melakukan perekaman kalau KTP nya belum jadi itu karena nomor niknya ganda atau datanya yang ganda, bisa juga foto dua kali jadi harus kita melakukan penghapusan dipusat dan untuk lakukan penghapusan di pusat kita belum tau waktunya kapan, karena dipusat itu seluruh indonesia kerena banyak data duplikat,”katanya kepada awak media, Rabu (22/5/2019) kemarin.

Andi juga menjelaskan, sering terjadi kegandaan pada NIK yang di sebabkan terjadi perpindahan penduduk kemudian tidak melapor pada tempat asal lalu ke tempat baru mereka (warga) langsung di lakukan perekaman.

“NIK ganda karena akibat dari perpindahan penduduk waktu pinda karena tidak melapor sehingga tidak sesuai dengan mekanisme, contoh seperti di ternate pindah ke halbar tanpa lepas data dari ternate dihalbar terbit lagi nik yang baru itu yang menyebabkan nik ganda,”jelasnya.

“Kalau yang belum pernah bikin bisa saja kartu keluarganya itu belum elektrik, perpindahan penduduk tergantung penduduk, contoh dia bertahan dengan halbar ya halbar, kalau dia pinda penduduk tergantung dia memilih penduduk dimana, jadi kalau dia memiliki data dihalbar kalau dia mau menetapkan dihalbar ya dia warga halbar karena tetap ada dalam data base halbar,”tambahnya. (Jojo)

Komentar