oleh

Puskesmas Bobong Terakreditasi, Wujudkan Peningkatan Kesehatan

BOBONGLintasmalut.net – Komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) dalam mewujudkan peningkatan kesehatan, melalui tim akreditas Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Kementrian Kesehatan RI yakni,” Arifah SKM M. Kes. Admin, Simson SKM.Mkes. UKM, Dr. Budiawan M.Kes. UKP.

Kegiatan Opening Meeting Survei Akreditasi Puskesmas Bobong (19/12/2018) pukul 08.10 s.d 09.15 WIT, di Kantor PUSKESMAS Bobong, Taliabu Barat Kabupaten Pultab Provinsi Maluku Utara, dihadiri Wakil Bupati Pultab. Ramli Wakil Ketua DPRD fraksi PDI-P, Ridwan Soamole, Kadis Kesehatan, Kuraisya Marsaoly, Kapolsek Talbar AKP. Said Aslam S. Ik, Camat Talbar Sarifudin Soamole , Kepala Dispora Stefanus Barunggu, Sekwan DPRD Pultab Sukur Bosroe, Kabag Kesra Mansu Munda, dan seluruh staff Puskesmas Bobong.

Wabup Ramli, dalam sambutannya, mengatakan, Amanat Undang-Undang Dasar dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014, tentang Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 Tahun 2015 untuk meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan dasar secara kesenambungan perlu menetapkan Peraturan Menteri Kesehatan tentang Akreditasi Puskesmas Klinik Pratama tempat Praktek Mandiri Dokter dan Praktek Dokter Gigi,” jelas Wabup.

Menurut Wabup Ramli, Akreditasi adalah pengakuan yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan Menteri Kesehatan setelah memenuhi Standar Akreditasi.

“PUSKESMAS adalah fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan. Sesuai visi misi bahwa dalam pembangunan khususnya di Bidang Kesehatan, merupakan salah satu komitmen Pemda,”ujar Ramli.

Selain itu kata Wabup, meningkatkan pembangunan kesehatan melalui perluasan jangkauan kesehatan dan peningkatan mutu kesehatan secara berkesinambungan yang dapat dicapai melalui Akreditasi Puskesmas. berhasilnya pembangunan kesehatan pada hakikatnya menuntut kehidupan yang lebih sinergitas antar pemerintah daerah Kab. Pulau Taliabu Stakeholder dan seluruh masyarakat,”paparnya.

Wabup Pultab Ramli, berharap, dengan adanya tim Survei Akreditasi fasilitas tingkat pertama ini dapat memberikan pembinaan dan arahan untuk Puskesmas bobong yang akan menjalani proses survei akreditasi dan diharapkan dapat terakreditasi dengan nilai terbaik sesuai dengan harapan serta kami siap berkomitmen untuk melaksanakan dan memenuhi syarat yang wajib,”jelasnya (BU)

Komentar