oleh

Puskesmas Jailolo Fokus Pengobatan Penyakit Kusta di Tiga Desa

Kepala Puskesmas Kecamatan Jailolo, M. Iksan Dagasuli (Foto:Jojo/lintasmalut.co.id)

JAILOLO – Puskesmas Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Provinsi Maluku Utara (Malut) saat ini fokus pada pencegahan dan pengobatan penyakit kusta.

Pencegahan dan pengobatan penyakit ini dilakukan di tiga Desa yang ada di Jailolo.“Saat ini kami fokus melakukan pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit kusta di wilaya kerja kami. Untuk pengobatan, kami lakukan ditiga desa, yakni desa guaeria, tauro dan desa galala,”kata kepala Puskesmas Jailolo, M. Iksan Dagasuli, Selasa (18/6/2019).

Iksan menjelaskan, pencegahan yang dilakukan dengan menggunakan sistem secara menyeluruh kepada semua penduduk, dilakukan di Desa Guaria, dan dilanjutkan di desa-desa lain di wilayah PKM Jailolo, seperti Desa Galala dan Desa Tauro.

“Untuk pencegahan dan pengobatan bakal kami lakukan dalam waktu dekat ini dan desa yang pertama kami lakukan itu desa guaeria dengan melibatkan seluruh masyarakat, selanjutnya akan kami lakukan di dua desa yakni, desa tauro dan desa galala,”jelasnya.

Iksan juga menyebut, tiga Desa yang menjadi prioritas pengobatan penyakit kusta karena dari data yang diperoleh, ketiga desa ini ada masyarakatnya yang menderita penyakit kusta dan penderitanya lebih dari tiga orang.

“Desa lain penderitanya hanya satu sampai dua orang sehingga ketiga desa ini menjadi titik fokus pencegahan dan pengobatan terhadapa penyakit tersebut,”ujarnya.

“Dalam proses pencegahan dan pengobatan ini diharapkan agar masyarakat di desa setempat dapat berpartisipasi aktif sehingga proses ini dapat berjalan baik,”harapnya. (Jojo)

Komentar