oleh

RAKERWIL I HIMPAUDI MALUT, RESMI DI BUKA ASISTEN I GUBERNUR

SOFIFI – Mewakili Gubernur Maluku Utara, Asisten I bidang Kesra, Gafaruddin, membuka secara resmi Rapat kerja wilayah (Rakerwil) I Pengurus Wilayah Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Malut, Jumat (28/2), di Emerald Hotel Ternate.

Gubernur dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten I mengatakan bahwa, Pendidikan  Anak Usia Dini  (PAUD) sebagai upaya untuk  menciptakan Sumber Daya Manusia  (SDM) yang bermutu merupakan tahapan yang  sangat strategis yang dilakukan secara bertahap, sistimatis dan menjadi  tanggung jawab  Pemerintah, masyarakat dan  dunia usaha lainnya.

“PAUD memang memiliki peranan penting dan menentukan sejarah perkembangan  anak selanjutnya, sebab PAUD merupakan fondasi dasar bagi kepribadian anak yang sejak dilahirkan  hingga memasuki pendidikan dasar merupakan masa keemasan atau  disebut “golden age”. Masa ini merupakan masa yang tepat untuk  meletakkan dasar-dasar pengembangan kemampuan fisik, bahasa, sosial, emosional,  konsep diri, seni, moral dan nilai-nilai agama, yang bermuara pada pertumbuhan dan  perkembangan anak yang sehat, cerdas dan mandiri,”katanya.

Dirinya juga mengatakan bahwa, Rakerwil I ini merupakan momentum yang tepat dalam merumuskan program dan kegiatan yang mengarah pada fokus utama HIMPAUDI yaitu, menjadi organisasi yang mandiri dan Profesional dalam mengelola PAUD di Maluku Utara.

“Harapan saya bahwa HIMPAUDI dapat memaksimalkan perannya dalam mensosialisasikan pentingnya PAUD kepada masyarakat, mewujudkan PAUD  yang berkualitas, melakukan pembinaan serta meningkatkan dan memfasilitasi pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini yang ada di Maluku Utara dengan tetap bersinergi bersama pemerintah dan seluruh pihak yang terkait,” ungkapnya.

Untuk itu dirinya mengajak kepada seluruh pengurus HIMPAUDI Malut agar dapat memaksimalkan pelaksanaan Rakerwil I ini dan berkomitmen pada rekomendasi yang dihasilkan untuk dapat ditindaklanjuti.

Sementara itu Ketua Bunda PAUD Malut, Hj. Faonia Djaohar Kasuba, dalam sambutannya mengajak seluruh HIMPAUDI untuk terus meningkatkan mutu layanan dalam rangka menuju organisasi mandiri dan profesional.

“Marilah kita jalin kemitraan dengan pemuh ketulusan demi masa depan Malut yang kita cintai,” pintahnya.

Lanjutnya, sebagai Bunda PAUD Malut, dirinya berpesan kepada seluruh peserta dan pemangku kepentingan, melalui Rakerwil I HIMPAUDI ini mari sama-sama kita rumuskan dan kita bangun sistem koordinasi dan komunikasi aktif antara satu dengan yang lainnya.

“Meskipun secara kuantitas sudah baik, namun secara kualitas masih perlu kita tingkatkan lagi. Hal itu bisa jadi karena belum baiknya komunikasi dan koorfinasi sesama organisasi dan kelembagaan PAUD maupun organisasi mitra pemerintah lainnya,”ujarnya.

Sementara itu Ketua Pengurus Wilayah HIMPAUDI Malut, Damruddin, dalam sambutannya mengatakan HIMPAUDI memiliki visi yaitu, Menjadi organisasi profesional dan mandiri untuk wujudkan pendidik dan tenaga pedidik PAUD yang berkompeten, berkualitas dan bermartabat.

“Dengan visi tersebut maka dapat melahirkan misi yang antara lain; meningkatkan kompetensi dan kualifikasi PTK PAUD, memperjuangkan kesejahteraan PTK PAUD, memjalin kemitraan untuk peningkatan kompetensi, kualifikasi dan perlindungan serta penghargaan pada PTK PAUD, dan meningkatkan kapasitas organisasi dan mendorong pembentukan HIMPAUDI di berbagai wilayah,” jelasnya

Dirinya juga mengatakan, dalam Rakerwil I ini, selain dilakukan evaluasi terhadap kinerja organisasi juga diadakan seminar PAUD sebagai upaya untuk wujudkan misi organisasi.

“Rakerwil ini direncanakan berlangsung kurang lebih 3 (tiga) hari ini. Akan dirangkaikan dengan Seminar yang melibatkan seluruh HIMPAUDI Kabupaten/Kota se-Maluku Utara,” akunya.

Sumber : Tvonlinetidore.net

Komentar