oleh

Rastra Kecamatan Tabona dan Pencado Belum Tersalur, La Utu : Ini Ulah Pihak Ketiga

Kadis Sosial Pulau Taliabu La Utu Ahmadi (foto:Yanto/Lintasmalut.net)

BOBONG – Beras Sejehtera merupakan program Pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat, namun di Kecamatan Tabona dan Kecamatan Pencando Kabupaten Kepulauan Taliabu Provinsi Maluku Utara (Malut) hingga saat ini belum juga tersalurkan.

Informasi yang dihimpun lintasmalut.co.id menyebutkan proses distribusi rasta dari Ternate ke Pulau Taliabu dan sesampai di Taliabu menggunakan jasa bongkar muat. Namun pembonkgaran dari kapal , upah buruh tak terbayarkan, sehingga beras tersebut ditahan di gudang oleh pihak buru hingga saat ini.

“ Ini ulah pihak ketiga (Rekanan) yan di berikan tangung jawab mendistribusikan Rastra di Taliabu, sehingga beras sejahtra ini belum tersalur ke Kacamatan Tabona dan Kecamatan Pencado, karena buruh saat ini lagi menahan beras tersebut akibat upah mereka belum di bayarkan oleh pihak Ke tiga” tandas Kepala Dinas Sosial Taliabu La Utu Ahmadi kepada lintasmalut.co.id di ruang kerjanya Kamis (21/3/2019).

Menurutnya, Rastra untuk Kabupaten Pulau Taliabu bulan ini kurang lebih hampir 20 Ton sekian yang akan di realisasikan kepada 1.919 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang harus di salurkan ke 8 kecamatan berdasarkan data Dinas Sosial, dalam proses realsiasi peyaluranya pihak Dinas Sosial hanyalah melakukan pendampingan, namun seluruh biaya distribusi menjadi tanggung jawab pihak ke tiga,

“ Tanggung jawab kami hanya pada pendampingan pada titik distribui hingga pada titik pembagian, soal biayanya semua tanggung jawab rekanan, sehingga akibat dari masalah ini juga mempengaruhi proses realisasinya di 8 kecamatan” Jelas La Utu.

Dalam Proses realisasi Rastra ini sendiri, Kata La Utu, berfariatif untuk semua Kecamatan, para PKM ada yang belum menerima Rastra selama dua hingga tiga bulan, ini juga di akibatkan oleh adanya kondisi laut, sehingga terlihat Rastra yang akan di salurkan dalam jumlah yang besar,” Katanya.

Meskipun demikian pihaknya akan berupaya dengan semaksimal mungkin sehingga rastra ini bisa segera terealisasi dan dinikmati para PKM yang ada di Taliabu. (As)

Komentar