oleh

Rektor Unkhair Bakal Berikan Sanksi Tegas Oknum Mahasiswa Cederai Inforien

TERNATE – Rektor Universitas Khairun (Unkhair) Terntate Husen Alting akan menindak tegas oknum mahasiswa yang melakukan penekanan kepada Mahasiswa Baru (Maba) untuk aksi minum air luda pada saat hari terakhir pelaksanaan kegiatan Informasi dan Orentasi (Inforien) di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Kamis (29/8).

“Kami akan menindaklanjuti sesuai dengan aturan akademik yang berlaku dan yang bersangkutan juga memintai untuk memninta maaf kepada mahasiswa yang kena. Itu tidak ada dalam kegiatan Inforien dan tidakan oknum mahasiswa saat ini kita lagi proses yang bersangkutan,” katanya saat dikonfirmasi via telepon, Jum’at (31/8) pukul 10.21 WIT.

Rektor menyebut, sebelum pelaksanaan kegiatan Inforien sudah dilakukan himbauan kepada Panitia Maba. Namun yang terjadi seperti itu diduga ada mahasiswa senior diluar dari Panitia yang memanfaatkan waktu saat jam istirahat.

“Himbauan sudah dilakukan. Cuman yang biasanya senior diluar dari panitia biasa masuk dan kejadian itukan pas saat jam istirahat dimanfaatkan waktu sehingga mungkin panitia tidak melihat,” ungkapnya.

Rektor juga menegaskan kepada Dekan Fakultas untuk menindaklanjuti. Menurutnya, jika hasil pemeriksaan kemudian dilihat dari tingkat kejadiannya maka oknum mahasiswa yang melakukan akan di berikan sanksi skorsing.

“Saya minta Dekan Fakultas Perikanan untuk menindak karena itu bukan suatu proses mendidik. Kita periksa dulu nanti kita akan lihat apakah di skorsing ataukah seperti apa sesuai dengan aturan, minimal kita skorsing kalau mungkin teguran nanti kita lihat.” tegasnya.

Orang nomor satu di Kampus Unkhair Terntate itu juga menyatakan, pihaknya sudah berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan bimbingan kepada Maba.

“Mahasiswa itu harus dilayani. Itukan Castamer Unkhair, dilayani diberikan bimbingan itu harus dilakukan dan awal-awal kita sudah komitmen melakukan itu,” tandasnya.

Atas kejadian tersebut. Lanjut Rektor, dirinya juga mengintuksikan semua pimpinan Fakultas untuk meningkatkan monitoring terhadap pelaksanaan kegiatan Inforien. “Saya sudah intruksikan semua pimpinan Fakultas untuk lebih meningkatkan monitoring terhadap pelaksanaan Imforien.” pintanya.

Rektor juga berharap kepada Maba jika ada panitia maupun mahasiswa senior memaksa untuk melakukan hal-hal seperti itu harus dilawan dan laporan kepada Dosen.

“Kamipun mengharapkan kepada mahasiswa ketika ada hal-hal seperti itu dilawan dan sampaikan ke saya. Jangan diikuti barang tidak baik walapun dipaksa laporankan saja ke Dosen, sehingga itu bisa mencegah dan itu awal-awal saya sudah menekankan seperti itu.” harapnya.

“Prinsipnya kita akan melayani mereka sedemikian rupa sehingga mereka itu harus betah, dan itu prilaku prilaku tidak baik dan tidak terpuji yang harus kita hindari dan kita larang.” tambahnya. (Alan)

Komentar