oleh

Relawan Wakaf Al-Qur’an Malut Salurkan Ribuan Bantuan Al-Quran

-DAERAH-233 views

TERNATE, – Relawan Wakaf Al-Qur’an (RWQ) Maluku Utara salurkan 1.300 bantuan Al-Qur’an kepada 260 Masjid di delapan Kabupaten/Kota di Maluku Utara.

Ketua RWQ Maluku Utara, Tada Hakim mengatakan, dalam bulan Ramadhan 1442 H ini RWQ menggalakkan “Gerakan 1 masjid 5 Al-Quran” untuk mendukung program tadarusan Al-Quran di setiap Masjid yang sampai pada tanggal 25 Ramadhan RWQ telah mendistribusikan sebanyak 1.300 Al-Qur’an di 8 Kabupaten/Kota di 260 Masjid.

“Penyaluran itu untuk memenuhi sarana pembelajaran Al-Qur’an bagi Tempat Pembelajaran Al-Qur’an (TPQ) dan lembaga pendidikan Al-Qur’an lainya seperti majelis dan remaja masjid, khususnya di darah-daerah pelosok pedesaan di Maluku Utara,” katanya, Minggu (9/5/2021).

Sebelumnya, pada tahun 2020 hingga bulan Mei 2021, RWQ telah mendistribusikan Al-Quran sebanyak 6.790 mushaf, buku Iqro 8.620 paket, juz amma 5.700 pcs, buku khutbah dan kitab penunjang 230 serta 30 insentif untuk pembina TPQ khusus janda dan manula.

“Al-Qur’an dan Iqro serta jus amma tersebut disalurkan kepada 412 TPQ di 370 Desa se-Provinsi Maluku Utara,” ujarnya.

Dosen Fisip Universitas Muhamadiyah itu mengemukakan, ide gerakan amal ini dicetuskan setelah melakukan perjalanan di beberapa Desa dan sempat mengunjungi masjid di desa-desa yang di singgahi oleh relawan, khususnya ketika masuk waktu shalat, serta berdiskusi dengan para tokoh agama, para imam dan pembina TPQ setempat.

“Dari pertemuan singkat tersebut banyak ditemukan berbagai keluhan permasalahan, salah satu diantaranya adalah tentang ketersediaan fasilitas keagamaan yang belum memadai mulai dari minimnya mushaf Al-qur’an baik mushaf untuk bacaan di masjid maupun TPQ dan majelis taklim yang tidak respresentatif. Jikapun ada, mushaf-mushaf Al-Qur’an tersebut sebagian halamanya telah sobek dan lapuk akibat Al-Quran dan buku Iqro sebagai bahan ajar tersebut telah lama dimakan usia,” ungkapnya.

“Kondisi seperti ini berbeda dengan Masjid-masjid yang ada diperkotaan. Hampir semua rak dan lemari dipenuhi dengan Al-Qur’an bahkan sebagian sudah bertahun-tahun segelnya belum dibuka. Artinya Al-Qur’an tersebut memang tidak dipakai karena jumlah yang ada telah mencukupi,” sambungnya.

Setelah itu, relawan melakukan koordinasi untuk membantu memenuhi kebutuhan mushaf Al-Qur’an dan buku Iqro khususnya di desa-desa tersebut. Salah satunya RWQ melakukan koordinasi dengan Kanwil Departemen Agama Provinsi Maluku Utara kaitanya dengan hibah Al-Qur’an tiap tahun dari Pemerintah melalui Kemenag maupun Badan Waqaf Al-Qur’an sebagaimana pada tahun sebelumnya.

“Namun pada tahun ini hibah mushaf Al-Quran belum dianggarkan karena terkait dengan pendemi Covid-19. Walaupun ditahun-tahun sebelumnya ada program hibah namun hibah mushaf Al-Qur’an tersebut hanya terfokus pada wilayah perkotaan dan desa-desa terpencil dan terluar seolah tidak disentuh,” tukasnya.

“Atas dasar itu, RQW ini dibentuk untuk melakukan penggalangan waqaf mushaf Al-Qur’an untuk didistribusikan pada wilayah-wilayah pedesaan khususnya masjid-masjid, majelis-majelis taklim, remaja masjid dan TPQ yang membutuhkan,” pungkasnya. (Alan) 

Komentar