oleh

Resmikan Tiga Puskesmas, Tahun Ini Bakal Dibangun Tiga Lagi

JAILOLO – Bupati Halmahera Barat (Halbar), Danny Missy meresmikan tiga unit gedung Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Afermasi yang dipusatkan di Desa Baru, Kecamatan Ibu Selatan, Selasa (10/3/2020).
Tiga puskesmas yang diresmikan secara simbolis tersebut yaitu Puskesmas Jailolo, Puskesmas Kota Jailolo dan Puskesmas Baru.

Bupati Danny Missy dalam sambutanya mengatakan, sejak tahun 2018 di Maluku Utara, yang dapat bantuan bangunan puskesmas hanya Halbar. Itu karena pembangunan yang dilakukan diikuti sesuai prototype, sehingga daerah lain yang tidak mengikuti prototype maka tidak dapat lagi bantuan.

“Harapan saya agar progres ini bisa dipertahankan, karena Halbar tahun ini khususnya Dinkes menerima DAK Rp. 100 miliar lebih. Ini dimaksimalkan dengan baik dan memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat. Gedung ini setara rumah sakit. Target kita di 14 puskesmas akan tetap tersedia gedung yang sama,” ungkapnya.
Bupati menambahkan, dengan hadirnya gedung yang bagus ini, tenaga kesehatan harus mampu memberikan edukasi kepada masyarakat agar bisa hadir di puskesmas dalam berobat. RSUD juga nanti di dorong agar bisa peningkatan status, serta peralatan dilengkapi agar pelayanan bisa lebih baik.

Sementara Kadinkes Rosfince Kalengit menyampaikan, untuk kabupaten Halmahera Barat pembangunan puskesmas yang didanai dengan dana afirmasi dilakukan sejak tahun 2018, yaitu Puskesmas Bobane Igo, Puskesmas Sidangoli, Puskesmas Golago Kusuma, Puskesmas Ibu dan Puskesmas Duono yang diresmikan oleh Menteri Kesehatan pada tanggal 4 April 2019.

Di tahun 2019 juga dibangun lagi tiga gedung puskesmas Afermasi yakni Puskesmas jailolo, Puskesmas Kota Jailolo dan puskesmas Baru yang hari ini diresmikan oleh Bupati Halbar.

Sementara di tahun 2020 ini segera dibangun tiga gedung puskesmas afermasi yaitu puskesmas Sahu, puskesmas Talaga dan puskesmas Kedi. Sedangkan di tahun 2021 dibangun tiga unit puskesmas afirmasi yaitu puskesmas Tolofuo, puskesmas Akelamo dan puskesmas Balisoan.

“Itu artinya 14 puskesmas di Halmahera Barat dibangun menggunakan anggaran DAK Afirmasi dan sesuai dengan prototipe Kementrian Kesehatan,” pungkasnya.

Hadir dalam acara peresmian adalah, Bupayi Halbar Danny Missy, SE. MM, Staf Khusus Fredik Budiman, Ketua DPRD Charles R Gustan, Ketua Penggerak PKK Joula Adeleida Missy, Sultan Jailolo Ahmad Syah, mewakili Danyon 372 Banau, Mewakili Kajari Jailolo, Kapolsek Ibu, Pimpinan SKPD serta para Camat.
Sumber : beritamalut.co

Komentar