oleh

Sabtu Besok, Ferry Rute Bastiong – Gita Bakal Operasi Perdana

TERNATE – Angkutan kapal Ferry rute Bastiong – Gita Kecamatan Oba, Kota Tidore, Sabtu (04/20) bakal di operasikan perdana.

Manager usaha ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ternate. Marsadik mengatakan, terkait dengan angkutan akhir tahun pihaknya menambahkan beberapa rute sesuai dengan kontrak di Kementrian Perhubungan (Kemenhub) mulai tanggal 1 januari 2020 ada penambahan trip di lintas Dowora – Sofifi yang seminggu 4 kali sekarang dalam seminggu menjadi 14 kali.

“Mulai senin sampai kamis itu ada dua kali penyebrangan dari Sofifi ke Dowora dan Dowora ke Sofifi. Dalam satu hari itu ada 4 kali dua kali Pergi Pulang (PP),” katanya ketika ditemui di ruang kerjanya, Kamis (02/20).

Untuk lintas Bastiong – Gita. Kata Marsadik, akan melayani perminggu satu kali tempatnya di setiap hari sabtu dan mulai operasi perdana pada sabtu (04/20) besok, “Akan melayani Bastiong-Gita itu perdananya hari sabtu tanggal 4 januari 2020 besok setiap hari sabtu” ungkapnya.

Marsadik menyebut, ada juga pelayaran di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) lintasan dari Tobelo ke Pulau Doi, Loloda Kepulauan juga perminggu satu kali pada hari sabtu. “Ada pelayaran dari Tobelo ke Pulau Doi setiap hari sabtu juga,” ujarnya.

Jadwal rute kapal Ferry

Maluku Utara. Lanjut Marsadik, pada tahun 2020 ini ada penambahan beberapa lintasan baru dari keperintisan Kemenhub diantaranya, pembukaan rute lintasan Bastiong-Gita dan Tobelo – Pulau Doi, Kepulauan Loloda dan itu semuanya sudah di mulai. Kapal yang nanti operasi melayani Sofifi – Dowora dan Bastiong-Gita yakni kapal perintis KM. Kerapu.

“Kapal Bobara, Barona dan Gorango itu untuk komersil Bastiong-Sofifi, Bastiong – Tidore dan Bastiong-Sidangoli. Untuk perintis itu KM. Kerapu melayani Sofifi- Dowora dan Bastiong-Gita,” katanya.

“Nanti kita lihat, kemarin maunya seminggu tiga kali cuman dari Kemenhub karena itu merupakan lintasan baru kita cuman di kasih izin satu kali dalam seminggu, setelah enam bulan baru kita evaluasi kembali dan nanti kita tambah,” sambungnya.

Marsadik menambahkan, untuk situasi dan kondisi pelayanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) berjalan normal serta persiapan-persiapan lain juga berjalan baik dan efektif.

“Sudah sepuluh hari ini mengadakan angkutan Nataru, namun karena disini minoritas untuk angkutan Nataru kita kalau di cabang – cabang lain seperti di Kupang, Bitung, Ambon itu lonjaknya banyak, disini hampir tidak ada lonjakan semuanya berjalan dengan normal,” pungkasnya. (Alan)

Komentar