oleh

Salim Ganiru: Dalam Waktu Dekat Asesmen dan Uji Kompetensi di Gelar

Plt Sekda Taliabu, Salim Ganiru (Foto:As/lintasmalut.co.id)

TALIABU – Dalam waktu dekat Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) akan menggelar uji kompetensi seleksi jabatan struktural dan Sekda oleh Perguruan Tinggi Pratama.

Tim Seleksi (Timsel) dari perguruan tinggi tersebut di fokuskan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terdiri dari 8 orang yang di ketuai Prof. Husen Alting dan Dr. Ridha Azam, keduanya dari Universitas Khairun (Unkhair) Ternate kemudian Prof. Dr. Haris, dekan salah satu fakultas Universitas Gadjah Mada (UGM) serta LAN dari Universitas Hasanudin (Unhas) Dr. Suleman.

Dalam kegiatan tersebut juga melibatkan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Dr. Jhon dan dari asesor dua orang serta menghadirkan Kepala Biro Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Malut yang di wakili sekretaris.

“Seleksi ini akan segera di lakukan oleh Pemda Taliabu, untuk timsel sendiri di pastikan mereka akan tiba dalam waktu dekat sesuai rencana timsel akan tiba di luwuk pada tanggal 7 juli mendatang dan segera menuju taliabu,”ungkap Plt Sekda Taliabu, Salim Ganiru kepada awak media di ruang kerjanya, Selasa (25/6/2019).

Dikatakan, kehadiran dan keterlibatan Timsel maupun KASN dan juga BKD merupakan syarat mutlak dalam pelaksanaan asesmen seleksi dan uji kompetensi karena tanpa itu tidak bisa ada mutasi – mutasi dalam jabatan termasuk defenitifnya jabatan Sekda Taliabu dengan tanpa mengikuti asesmen.

“Jadi itu namanya ada dua, yaitu seleksi evaluasi kinerja dan asesmen, tanpa kegiatan ini tentunya akan berdampak pada defenitifnya sebuah jabatan sekda termasuk mutasi jabatan OPD dengan status defenitif,”katanya.

Meskipun tidak membeberkan jumlah peserta yang sudah mendaftar, namun hingga saat ini. Lanjut Salim, hampir seluruh pimpinan yang mendaftar sekarang sudah hampir semua pimpinan OPD telah mendaftar, apabila ada satu dari pemimpin OPD yang tidak ikut harus menyertai alasannya bagi OPD yang tidak ikut. “tidak akan menjadi pimpinan defenitif melainkan Plt selama dia belum ikut, jika itu jabatan yang nantinya akan di beri oleh pemda taliabu,”pungkasnya.

Salim juga menyebut, untuk jabatan Sekda defentif sebagaimana di wajibkan ikut dalam asesmen dan seleksi tersebut, terdapat empat nama yang telah terdaftar di BKD Taliabu.

“Karena persyaratan untuk dilantik sebagai defenitif harus ikut asesmen, itu aturannya, untuk sekda saat ini sudah empat orang yang dipastikan ikut diantaranya, Dr. Salim Ganiru, Ahmad Salawane, Drs. M. Syukur Boeroe dan La Utu Ahmadi,”ucapnya.

Salim menambahkan, setelah hasil diseleksi laporan asesmen oleh Timsel akan diserahkan kepada Pemda kemudian di kirim ke KASN untuk mengambil keputusan dalam menepatkan siapa pada posisi Sekda Taliabu.

“Ada pemantau di KASN nanti, lalu KASN mengirimkan nama – nama itu dan nama – nama itu nanti kirim balik ke pemda nanti pemda yang terserah dia mau pake siapa ya tergantung bupati,”ujarnya.

Disentil terkait OPD baru hasil pemekaran sejumlah OPD yang bakal terisi perangkat organisasinya, dirinya belum dapat memastikan karena masih menunggu tindaklanjut Pemprov Malut melalui Sekda. (As)

Komentar