oleh

Sambut 1 Muharram, Ratusan Warga di Halut Pawai Ta’aruf

TOBELO,LM –Ratusan umat muslim Kota Tobelo memadati halaman masjid Jammi Kampung Cina untuk mengikuti Pawai Ta’ruf, Selasa (11/09/2018) dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah.

Pada pawai ta’ruf tersebut diikuti oleh pelajar tingkat SD, SMP, SMA sederajat, serta organisasi wanita islam kabupaten Halmahera Utara.

Acara yang digagas oleh gabungan organisasi islam Halut ini, yakni Muslimat NU Halut, Aisiyah Halut, Wanita Islam Alkhairat Halut , Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), Ikatan Pengusaha Muslimat Indonesia (IPMI) bertujuan untuk memperat menjalin persaudaraan serta menumbuh kembangkan rasa persatuan dan kesatuan.
Pawai Ta’aruf dilepas langsung oleh penasehat Organisasi Islam Halut, Rahmati Suling Tapi Tapi yang diikuti para siswa, kelompok Majelis Taklim, dengan mengelilingi jalan di seputaran kota Tobelo.
Selama perjalanan, peserta pawai ta’ruf turut serta diramaikan dengan penampilan drum band dan lagu shalawat badar, serta lantunan lagu-lagu Islami dan finis di masjid Raya Al-Amin Tobelo.

Panitia juga memberikan hadiah kepada peserta Pawai Ta’aruf yang tertib, selain itu, peserta juga hadiah menarik jika bisa menjawab pertanyaan yang diajuoan oleh penasehat wanita Islam Halut.

Asisten III, pemkab Halut, Subakri Salim berharap kegiatan peringatan 1 Muharram 1440 Hijriah ini menjadi momentum untuk mengenang sejarah peradaban Islam.
Sebab lanjut dia, melalui momentum pelaksanaan peringatan 1 Muharam, diharapkan kebersamaan persatuan dan kesatuan antar sesama masyarakat bisa ditingkatkan.

“Kegiatan peringatan 1 Muharam ini harus tetap dilestarikan dan dilaksanakan, karena memiliki banyak makna dalam sejarah peradaban Islam,”ujarnya.

Dan dengan momen ini pula, kata dia, dapat dijadikan proses evaluasi dan introspeksi diri baik fisik maupun rohani terhadap segala aktivitas kehidupan, serta kegiatan rutin dalam kehidupan selama satu tahun yang telah berlalu.

“Sehingga di tahun baru ini kita bisa lebih meningkatkan aktivitas kehidupan kita, agar lebih baik di tahun mendatang,” ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap dengan adanya pawai ta’ruf ini, semoga mendapat keberkahan dan hikmah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, serta membangun kehidupan yang baik, dalam upaya mempererat jalinan persaudaraan.

“Dan mempererat tali silaturrahmi antara sesama umat islam, dan umat beragama sehingga selalu tercipta suasana ketentraman, kedamaian, serta terjalin kerukunan kehidupan masyarakat di Bumi Hibualamo yang kita cintai ini,” tukasnya.

Sementara itu, penasehat Organisasi Wanita Islam Halut, Rahmawati Suling Tapi Tapi mengatakan dengan perkembangan jaman sekarang ini sebagian besar umat muslim lupa akan hari besar tahun baru islam ini, untuk itu dengan pawai taaruf dapat memperkuat kekeluargaan sesama muslim, dan menjaga kerukunan serta kesatuan dalam persaudaraan sesuai Pancasila dasar negara kita.

Dia mengaku, tujuan kegiatan ini untuk menenamkan nilai keislaman dan memperluas wawasan keagamaan kepada seluruh peserta maupun masyarakat di Halmahera Utara.

Pada 1 Muharram ini, Rahmawati yang juga sebagai isteri wakil bupati Halut, Muchlis Tapi Tapi juga berharap agar Halut semakin damai, saling menghargai terhadap sesama dan menjaga rasa toleransi.

“Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT. Semoga Halut yang kita cintai semakin damai dan menjunjung tinggi persaudaraan,” tandasnya (sumber: halmaeraraya.info)

Komentar