oleh

Sambut Kunjungan Wakil Mentri PUPR, Warga Bastiong Talangame Lakukan Baksos

TERNATE – Puluhan warga Kelurahan Bastiong Talangame, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Minggu (26/1/2020) sekira pukul 08.00 WIT, lakukan Bakti Sosial (Baksos) pembersihan lingkungan di tiga RT. Diantaranya, RT.9, RT.10 dan RT 11.

Kegiatan tersebut di bantu anggota Bhabinkamtibmas setempat, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dari Kelurahan, Pemuda, pihak Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Malut, ketua RT. 9 Sudirman Mustafa, RT. 10 Samsudin, RT 11 Lut Ayu dan ketua RT. 12.

Kegiatan pembersihan lingkungan itu juga menggunakan dua unit Kaisar, satu unit mobil sampah dan satu unit mobil pemadam untuk membersihkan saluran Drainase.

Lurah Bastiong, Masdiana F Syafar mengatakan, kerja Baksos dilaksanakan sehubungan dengan kunjungan Wakil Mentri PUPR Jhon Wempi Wetipo untuk melihat telah selesainya proyek pekerjaan pembangunan saluran terbuka (210 M), pembangunan saluran tertutup dan Plat Deukuer (154 M) RTH (18 M2) dari Satker BPPW Malut, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jendral Cipta Karya dalam program Kota Tampa Kumuh (Kotaku) yang di kerjakan 2019 lalu.

“Ada kunjungan wakil Mentri PUPR untuk melihat selesainya pekerjaan dan hari Selasa atau Rabu kita akan ada penyerahan aset dari KSM atau LKM ke Kelurahan maupun dari Satker BPPW Malut,” katanya ketika dikonfirmasi di sela-sela Baksos.

Masdiana menyebut, kegiatan Baksos ini sudah dilaksanakan rutin dan untuk awal tahun 2020 baru di mulai hari minggu ini.

“Alhamdulilah, di Bastiong Talangame ini dari 2017 sampai sekarang masih masuk dalam daftar atau di SK kan oleh Wali Kota sebagai Kotaku,” ungkapnya.

Papan proyek program Kotaku

Dia mengaku, ada beberapa kriteria dari Kotaku dan di Bastiong Talangame yang masuk yaitu Persampahan dan Drainase. “Pekerjaan Kotaku di tahun 2019 ada penutup untuk Drainase di buat ada beberapa titik,” akuhnya.

Baksos ini. Lanjut Masdiana, sudah menjadi kegiatan rutin dari Kelurahan dan Pokja Kelurahan sehat dan di optimalkan untuk masuk kegiatan program kerja.

Dia juga menghimbau kepada warga dan masyarakat di Kelurahan Bastiong Talangame agar bersama-sama menjaga kebersihan di lingkungan terutama di rumah masing-masing.

“Jangan lagi mengharap RT/RW ataupun dari pemerintah Kelurahan datang membersihkan rumahnya masing-masing. Untuk itu, mari kita tumbuhkan kesadaran bahwa lingkungan ini milik kita bersama dan harus kita jaga dan kita rawat apa yang sudah di kerjakan terutama aset dari Kotaku yang sudah ada disini mohon agar kita jaga dan kita pelihara,” imbuhnya. (Alan)

Komentar